Pendidikan Konservasi Alam Merupakan Sebuah Pendidikan Karakter

Sri Murni Soenarno(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Insan yang membangun negara dan bangsa Indonesia adalah insan yang berkarakter positif kuat dan berkompeten di bidangnya. Negara Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang berlimpah membutuhkan insan yang memiliki karakter pro-konservasi, yaitu individu yang mampu memanfaatkan kekayaan alam secara bijaksana untuk menjamin keberlanjutan pembangunan Indonesia. Artikel ini merupakan hasil dari kajian pustaka. Simpulan yang diperoleh adalah pendidikan konservasi alam dapat menyiapkan insan pro-konservasi alam, karena pendidikan konservasi adalah satu bentuk pendidikan karakter sesuai dengan acuan dari Permendikbud No. 20 Tahun 2018.

Keywords


Biology;Character;Conservation; Education

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alimah, S. (2019). Kearifan lokal dalam inovasi pembelajaran biologi: strategi membangun anak indonesia yang literate dan berkarakter untuk konservasi alam. Jurnal Pendidikan Hayati, 1(1), 1–9.

Ardoin, N. M., Bowers, A. W., & Gaillard, E. (2020). Environmental education outcomes for conservation: A systematic review. Biological Conservation, 241(April 2019), 108224. https://doi.org/10.1016/j.biocon.2019.108224

Berkowitz, M. W. (2002). The Science of character education. In W. Damon (Ed.), Bringing in a new era in character education (pp. 43–63). Stanford California: Hoover Institution Press. Retrieved from www.character.org

Chanvin, M., Lamarque, F., Diko, N., Agil, M., Micheletta, J., & Widdig, A. (2023). Ten years of positive impact of a conservation education program on children’s knowledge and behaviour toward crested macaques (Macaca nigra) in the Greater Tangkoko Area, North Sulawesi, Indonesia. International Journal of Primatology, 44(4), 743–763. https://doi.org/10.1007/s10764-023-00356-9

Hunter, M. L., & Gibbs, J. P. (2007). Fundamentals of conservation biology, Third edition (3rd ed.). Blackwell Publishing.

Jhon, W., Sugito, S., Zubaidah, E., & Ali, M. (2021). Challenges in the implementation of character education in elementary school: experience from Indonesia. Ilkogretim Online - Elementary Education Online, 20(1), 1351–1363. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.01.130

[Kemendikbud RI] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Konsep dan pedoman penguatan pendidikan karakter. Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Retrieved from http://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id

[Kemendikbud RI] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal, Peraturan Menteri (2018). Retrieved from https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud_Tahun2018_Nomor20.pdf

Khambali, K., Komala, E., Arifin, B. S., & Hasanah, A. (2022). Conceptual character education model in school. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 49–56. https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v6i1.10174

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan karakter menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Mustoip, S., Japar, M., & Zulela MS. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: Jakad Publishing.

Nygren, N. V., & Ojalammi, S. (2017). Conservation education in zoos: A literature review. TRACE ? Journal for Human-Animal Studies, 4(December), 62–76. https://doi.org/10.23984/fjhas.66540

Omeri, O. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 464–468. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i5.1457

Pattaro, C. (2016). Character education: Themes and researches. An Academic literature review. Italian Journal of Sociology of Education, 8(1), 6–30. https://doi.org/10.14658/pupj-ijse-2016-1-2

[UU RI] Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Republik Indonesia (2003).

Singh, B. (2019). Character education in the 21st century. Journal of Social Studies (JSS), 15(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/jss.v15i1.25226

Soenarno, S. M. (2013). Pendidikan konservasi alam bagi anak. Majalah Ilmiah Faktor, 1(3), 185–191.

Thomas, S. (2016). Editorial: Future Perspectives in Conservation Education. In International Zoo Yearbook, 5, pp. 9–15. Blackwell Publishing Ltd. https://doi.org/10.1111/izy.12134

Yusnan, M. (2022). Implementation of character education in state elementary school. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 5(2), 218–223. https://doi.org/10.34050/elsjish.v5i2.21019




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v4i1.22150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 EduBiologia: Biological Science and Education Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publish by

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Indraprasta PGRI

Editorial Office

Jl. Nangka No. 58 C Tanjung Barat Jagakarsa Jakarta Selatan

email: edu.biologia@unindra.ac.id atau edubiologiabsej@gmail.com

Garuda Ristekdikti

isjd drji pkp index

isjd Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


pkp index