Analisis Keanekaragaman Spesies Burung di Agrowisata Cilangkap Jakarta Tiimur

Yeni Nurdiana(1), Rina Hidayati Pratiwi(2*), Ferry Fauzi(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI, Pendidikan Biologi
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Keanekaragaman hayati mengacu pada kekayaan hidup di bumi dengan berbagai tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme genetika yang dikandung dan ekosistem dimana melangsungkan kehidupan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui biodiversitas tingkat spesies pada burung di Agrowisata Cilangkap. Penelitian ini dilakukan di Agrowisata Cilangkap Jakarta Timur. Teknik penelitian yang dipakai dalam penelitian ini yaitu Encounter rates (tingkat pertemuan) dan dilakukan analisis data mengenai indeks keanekaragaman jenis, kemerataan jenis, kekayaan jenis, dan dominansi spesies. Diperoleh sebanyak 579 individu dari 21 spesies dan 14 famili burung yang terdapat di Agrowisata Cilangkap Jakarta Timur. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan tingkat keanekaragaman spesies burung yang terdapat di Agrowisata Cilangkap Jakarta Timur termasuk dalam kategori sedang.

Keywords


Keanekaragaman, Aves, Burung

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alamsyah, M & Marhento, G. (2016). Identifikasi keanekaragaman jenis burung dan kearifan tradisional masyarakat dalam upaya konservasi di Pulau Rambutan Kepulauan Seribu. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), 119-124.

Azhari. (2017). Keanekaragaman Spesies Burung yang Terdapat di Kawasan Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan Sebagai Referensi Mata Kuliah Ornitologi. Report. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Fitri, A. N. (2022). Ancaman Kepunahan Burung di Indonesia.

https://forestation.fkt.ugm.ac.id/2022/05/08/ancaman-kepunahan-burung-di-indonesia/. Diakses tanggal 9 Januari 2023.

Iskandar, J. (2017). Ornitologi dan Ertnornitologi. Yogyakarta: Plantaxia.

Natonis, M. (2022). Analisis Keanekaragaman Jenis Burung di RTH Taman Pancoran Indah Jakarta Selatan. Report. Universitas Indraprasta PGRI.

Safanah, N. G., Nugraha, C. S., & Partasasmita, R. (2017). Keanekaragaman Jenis burung di Taman Wisata Alam dan Cagar Alam Panunjung Pangandaran Jawa Barat. Pros Sem Nas Masy Biodiv Indon, 266-272.

Sari, I. F., Setiawan, A., Iswandaru, D., & Dewi, B. S. (2020). Peran Ekologis Spesies Burung pada Ekosistem Hutan Kota (Studi Kasus di Kota Metro). In: Seminar Nasional Konservasi, 21 April 2020, Bandar Lampung, Lampung. (Unpublished), 145-152.

Sunarmi. (2014). Melestarikan keanekaragaman hayati melalui pembelajaran di luar kelas dan tugas yang menantang. Jurnal Pendidikan Biologi, 38-39.

Surur, M. A. (2021). Keanekaragaman dan Kelimpahan Jenis Burung di Kampus UIN Walisongo Semarang. Report. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v3i2.18285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 EduBiologia: Biological Science and Education Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publish by

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Indraprasta PGRI

Editorial Office

Jl. Nangka No. 58 C Tanjung Barat Jagakarsa Jakarta Selatan

email: edu.biologia@unindra.ac.id atau edubiologiabsej@gmail.com

Garuda Ristekdikti

isjd drji pkp index

isjd Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


pkp index