Pengaruh Intelegensi Interpersonal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Biologi Murid SMA di Tangerang Selatan

Wida Nur Wahyu Pratiwi(1), Virgana Virgana(2), Sri Murni Soenarno(3*)

(1) SMA Insan Cendekia Madani
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Semenjak pandemi Covid-19 dimulai pada awal tahun 2020 di mana semua sekolah di dunia, termasuk di Indonesia, dengan terpaksa harus melanjutkan proses pembelajaran dalam jaringan (daring). Sejak itu juga ditemukan bahwa kecerdasan interpersonal dan minat belajar siswa khususnya di mata pelajaran sains menurun akibat pembelajaran daring. Ini dikarenakan selama dua tahun menjalani pembelajaran daring, siswa tidak berinteraksi aktif dan secara langsung dengan teman kelas, teman sekolah dan para guru dan juga diubahnya kegiatan-kegiatan praktikum menjadi percobaan-percobaan sederhana dengan memanfaatkan alat dan bahan sederhana di rumah masing-masing. Tujuan dari riset ini untuk mengetahui pengaruh dari: 1) minat belajar dan intelegensi interpersonal terhadap prestasi belajar biologi murid SMA; 2) intelegensi interpersonal kepada prestasi belajar biologi murid SMA; 3) minat belajar murid SMA akan prestasi belajarnya di pelajaran biologi. Metode penelitiannya yakni metode survei, sedangkan analisis datanya adalah teknik korelasi regresi linier berganda. Jumlah sampel 100 murid SMA di Tangerang Selatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) intelegensi interpersonal dan minat belajar berpengaruh secara signifikan bersama-sama terhadap prestasi belajar biologi murid SMA, tampak dari nilai sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 17,316. 2) intelegensi interpersonal berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar biologi pelajar SMA, tampak dari nilai sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,404. 3) minat belajar pelajar SMA berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar biologi, tampak dari nilai sig = 0,000  <0,05 dan thitung = 3,946.


Keywords


Intelegensi Interpersonal, Minat Belajar, Prestasi Belajar Biologi.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-ilmu Kependidikan, 8(2), 145-167.

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran akutansi. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia, 16(1), 98-107. https://doi.org.10.2183/jpao.v16i1.20173

Alfan, A., & Sulistiyo. (2015). Perbandingan media pembelajaran (Auto Play Media Studio) sebagai alat bantu pembelajaran memperbaiki CD player siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1), 39-47.

Damayanti, P. A., & Qohar, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbasis powerpoint pada materi kerucut. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 119-124.

https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.16814

Jayawardana, H. B. A. (2017). Paradigma pembelajaran biologi di era digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12-17.

http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5628

Krissantono. W (2013). Pemanfaatan media pembelajaran meningkatkan motivasi belajar siswa Ilmu Pengetahuan Alam kelas VI SDN 03 Kelampai. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistwa, 2(8), 1-18.

Maskur, R., Nofrizal., & Syazali, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177-186. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

Nurhidayati., Asrori, I., Ahsanuddin, M., & Dariyadi, M. W. (2019). Pembuatan media pembelajaran berbasis powerpoint dan pemanfaatan aplikasi android untuk guru Bahasa Arab. Jurnal Karinov, 2(3), 181-184. http://dx.doi.org/10.17977/um045v2i3p181-184

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran. Hadist, Syariah, dan Tarbiyah, 3(1), 171-210. https://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Pramuaji, A. (2017). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada materi pengenalan Corel Draw sebagai sarana pembelajaran desain grafis di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Electronics, Informatics, and Vocational Education, 2(2), 183-189.

https://doi.org/ 10.21831/elinvo.v2i2.17312

Purworaharjo, S., & Firmansyah, G. (2018). Tinjauan literatur secara sistematis pada self-service business intelligence. Konferensi Nasional Sistem Informasi (pp. 986-990). Pangkal Pinang, Indonesia: STMIK Atma Luhur Pangkal Pinang.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Umam, K. (2013). Penerapan media digital dalam pembelajaran apresiasi batik kelas X SMA Negeri 1 Blega. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 1(1), 100-105.

Utami, W. T. (2021). Pengembangan Powerpoint Interaktif pada Submateri Peran Tumbuhan di Bidang Ekonomi Kelas X SMA dengan Produk Olahan Wafer Cookies Ubi Jalar Ungu (Ipomoea batatas L.). Skripsi. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Wahyuningtyas, D. T. (2017). Pelatihan media pembelajaran matematika berdasarkan Kurikulum 2013 bagi guru Sekolah Dasar di Gugus 9 Kesamatan Sukun Malang. Jurnal Dedikasi, 14, 8-11.

https://doi.org/10.22219/dedikasi.v14i0.4293

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 23-27.

Wulandari, A. (2019). Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Pembuatan Biscotti Nanas (Ananas Comosus L. Merr.) pada Submateri Peran Tumbuhan di Bidang Ekonomi Kelas X SMA. Skripsi. Universitas Tanjungpura Pontianak.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v3i2.17602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 EduBiologia: Biological Science and Education Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publish by

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Indraprasta PGRI

Editorial Office

Jl. Nangka No. 58 C Tanjung Barat Jagakarsa Jakarta Selatan

email: edu.biologia@unindra.ac.id atau edubiologiabsej@gmail.com

Garuda Ristekdikti

isjd drji pkp index

isjd Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


pkp index