Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMPN 20 Depok
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Siswa merupakan bagian dari masyarakat juga diharapkan memiliki kesadaran untuk melindungi lingkungan hidupnya. Kesadaran dan kepedulian siswa terhadap lingkungannya merupakan pengimplementasian materi yang telah disampaikan oleh gurunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan lingkungan hidup terhadap sikap peduli lingkungan hidup di SMPN 20 Depok, Jawa Barat. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII, VIII, dan IX yang berjumlah 275 siswa, dari total populasi 879 siswa. Penelitian dilaksanakan pada Maret hingga Juli 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei korelasional. Uji normalitas pada penelitian ini menggunakan metode Kolmogorov Smirnov dengan hasil ? Dtabel sehingga dapat dikatakan bahwa variabel pengetahuan lingkungan hidup dan sikap peduli lingkungan hidup berdistribusi normal. Dalam uji linearitas didapatkan hasil bahwa nilai Fhitung < Ftabel maka dapat diketahui bahwa model regresi berpola linear. Adapun persamaan korelasi yang diperoleh yaitu . Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan lingkungan hidup dan sikap peduli lingkungan hidup yang dimiliki siswa di SMPN 20 Depok termasuk dalam kategori tinggi. Selain itu, terdapat korelasi dan adanya signifikan antara pengetahuan dengan sikap peduli terhadap lingkungan hidup dari siswa di SMPN 20 Depok dengan tingkat keeratan hubungan yang termasuk kategori sangat rendah dengan arah hubungan positif. Pihak sekolah dan guru perlu mengadakan kegiatan rutin terkait menjaga kelestarian di lingkungan sekolah agar siswa dapat lebih mengembangkan pengetahuan yang telah dimilikinya.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Agustin, E. E., & Wiwin, M. (2020). Hubungan pengetahuan lingkungan terhadap sikap dan perilaku peduli lingkungan pada siswa SMAN 5 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1 (2), 82-90. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i2.16.
Ahmadi, R. (2018). Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup dengan Sikap Peduli Lingkungan Hidup pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tumijajar. Skripsi. Universitas Lampung.
Aminrad, Z., Zakariya, S. Z. B. S., Hadi, A. S., & Sakkari, M. (2013). Relationship between awareness knowledge, and attitude towards environmental education among secondary school students in Malaysia. World Applied Sciences Journal, 22 (9), 1326-1333.
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi 2. PT Bumi Aksara: Jakarta.
Azhar, A., Basyir, M. D., & Alfitri, A. (2015). Hubungan pengetahuan dan etika lingkungan dengan sikap dan perilaku menjaga kelestarian lingkungan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 13 (1), 36-41. https://doi.org/10.14710/jil.13.1.36-41.
Budiman., & Riyanto, A. (2013). Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Salemba Medika: Jakarta.
Hardiningtyas, P. R. (2016). Masalah tanah dan krisis lingkungan di Bali dalam antologi puisi dongeng dari utara karya Made Adnyana Ole. Jurnal Atavisme, 19 (1), 45-59. http://doi.org/ 10.24257/atavisme.v19i1.180.45-59.
Istiqomah. (2019). Sikap peduli lingkungan peserta didik di MAN-1 Pekanbaru sebagai sekolah adiwiyata. Dinamika Lingkungan Indonesia, 6(2), 95-103. http://dx.doi.org/10.31258/dli.6.2.p.95-103.
Martini, M. (2019). Hubungan antara pengetahuan lingkungan dengan perilaku prolingkungan Sekolah Adiwiyata (studi kasus SDN 21 Taluak Kab. Agam). Rang Teknik Journal, 2(1), 71-78.
Muliana, R., Hamama, S. F., & Zamzami, Z. (2018). Hubungan pengetahuan lingkungan terhadap sikap siswa pada pengelolaan kebersihan di sekolah. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 2(1), 8-13.
Munawar, S., Heryanti, E., & Miarsyah, M. (2019). Hubungan pengetahuan lingkungan hidup dengan kesadaran lingkungan pada siswa Sekolah Adiwiyata. LENSA: Lentera Sains, 9(1), 22-29. https://doi.org/10.24929/lensa.v1i1.58.
Notoatmodjo, S. (2011). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. PT. Rineka Cipta: Jakarta.
Pertiwi, O. P., Lengkana, D., & Surbakti, A. (2019). Perbandingan pengetahuan dan sikap peduli lingkungan di sekolah kawasan TNWK dengan perkantoran. Jurnal Bioterdidik, 7 (3), 59-66.
Sirait, N. F. (2012). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Perilaku Mencintai Lingkungan Siswa SMA Negeri Se-Kota Medan Tahun 2012. Tesis. Universitas Negeri Medan.
Sudjiono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT Rajagrafindo Persada: Jakarta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta: Bandung.
Suhartinah, S., Hidayati, Y., Qomaria, N., & Hadi, W. P. (2019). Studi korelasi antara sikap peduli lingkungan dengan kemampuan literasi sains siswa SMP pada materi ekosistem. Natural Science Education Reseach, 2(1), 77-84.
Suprayogo, I. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. UIN-Maliki Press: Malang.
Wulandari, T. V. (2016). Pendidikan lingkungan hidup dalam membentuk sikap peduli lingkungan siswa di SMPN 4 Jombang. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 3(4), 1153-1167.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v2i1.11827
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 EduBiologia: Biological Science and Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publish by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Editorial Office
Jl. Nangka No. 58 C Tanjung Barat Jagakarsa Jakarta Selatan
email: edu.biologia@unindra.ac.id atau edubiologiabsej@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.