MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK
(1) Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Tulisan ini berupaya untuk melihat bagaimana pengaruh antara media pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap motivasi belajar Sejarah peserta didik. Berdasarkan hasil analisis, simpulannya menunjukkan sedangkan nilai =1,984 maka dengan demikian lebih besar dari atau 4,853 > 1,984 dengan taraf kesalahan sebesar 0,05 dan jumlah n = 103. Dari t tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara media pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap motivasi belajar peserta didik. Diketahui koefisien determinasi adalah sebesar Sisa 81,1% dipengaruhui variabel lain diluar judul penelitian. Hasil-hasil yang dicapai ini mengindikasikan Media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar Sejarah peserta didik.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Teknologi Informasi, Motivasi Belajar
Full Text:
PDF (Indonesian)References
DAFTAR PUSTAKA
Anglin, J. G. (1991). Instructional Technology, Past Present and Future. Coloardo: Libraries Unlimited Inc.
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran, Jakarta, Dellia Press.
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman, Deni, K., dan Cepi, R. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi; Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Sardiman, A. M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Kharisma Putra Utama Offset.
Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760, Indonesia Contact Email : jurnal.alur@unindra.ac.id Contact Phone : +6281213563171 Company : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Indraprasta PGRI