KREATIVITAS GURU PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH

Januar Barkah(1*), Taufik Taufik(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK Tulisan ini berupaya untuk melihat bagaimana pengaruh antara kreativitas guru terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran Sejarah. Berdasarkan hasil analisis, simpulannya menunjukkan nilai t hitung = 5.645, sedangkan nilai ttabel = 1,987. Dengan demikian thitung lebih besar dari ttabelsebesar 5.645 > 1,987 dengan taraf kesalahan sebesar 0,05 dan jumlah n = 88. Koefisien determinasi sebesar 27,04% Sisanya yaitu 72,94% dipengaruhui variabel lain di luar penelitian. Hasil-hasil yang dicapai ini mengindikasikan adanya pengaruh signifikan dan menunjukkan bahwa semakin tinggi kreativitas maka semakin tinggi minat belajar sejarah peserta didik di kelas X SMK Teknik 10 Nopember. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Minat Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arifin. 2017. Upaya Diri Menjadi Guru

Profesional. Bandung: Alfabeta.

Daradjat, Zakiah. 2005. Pendidikan

Islam Dalam Keluarga dan

Sekolah. Jakarta: Ruhama.

Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan.

Jakarta: Bumi Aksara.

Herlina. 2010. Minat Belajar. Jakarta:

Bumi Aksara.

Sardiman, A.M. . 2008. Interaksi dan

Motivasi Belajar Mengajar.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktorfaktor yang Memengaruhinya.

Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata. 2010. Metode

penenelitian pendidikan.

Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005

tentang Guru dan Dosen

Yudha M Saputra & Rudyanto, 2005.

Pembelajaran Kooperatif untuk.

Meningkatkan Keterampilan

Anak Tk. Jakarta: DepDiknas




Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760, Indonesia Contact Email : jurnal.estoria@unindra.ac.id Contact Phone : +62 878-8493-3275 Company : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Indraprasta PGRI