MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION PENGARUHNYA TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN SEJARAH PESERTA DIDIK

Januar Barkah(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Tulisan ini berupaya untuk melihat bagaimana pengaruh model pembelajaran student teams achievment division terhadap hasil pembelajaran sejarah peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif melalui metode survey kepada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan menganalisis 2 variabel yaitu variabel X (model pembelajaran student teams achievment division) dan variabel Y (hasil pembelajaran sejarah) dengan metode kuantitatif menghasilkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran student teams achievment division terhadap hasil belajar sejarah peserta didik. Dilihat dari hasil thitung sebesar 3,293 dan dapat dilihat bahwa thitung > ttabel sebesar 3,293 > 2,024. Model pembelajaran student teams achievment division memiliki kontribusi terhadap hasil belajar sejarah peserta didik sebesar 22,20% sedangkan sisanya sebesar 77,80% dipengaruhi oleh variabel lain di luar judul penelitian ini.

 

Kata Kunci : student teams achievment division



References


DAFTAR PUSTAKA

Agung, Leo. (2012). Srategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.

Arifin, Zainal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.Kochar, 2008

Arikunto, Suharsimi. (2001). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono, (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Gottschalk, Louis. (1986). Understanding History, Ab. Nugroho Notosusanto. Mengerti Sejarah. Jakarta: UI Press.

Iru, La, dan La Ode Safiun Arihi. (2012). Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Isjoni. (2013). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Nata, Abuddin. (2009). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syah, Darwyan; Supardi; dan Abdul Aziz Hasibuan. (2007). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Trianto. (2011). Mendesain Pembelajaran Inovatif- progresif. Jakarta: Kencana.

Widyoko. (2007). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar




Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760, Indonesia Contact Email : jurnal.estoria@unindra.ac.id Contact Phone : +62 878-8493-3275 Company : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Indraprasta PGRI