Penerapan Metode Pembelajaran ICARE Pada Pembelajaran Sejarah

januar barkah(1*), Hendi Irawan(2), Fahmi Hidayat(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract

 

The purpose of the study was to determine the application of the ICARE learning method (Studies on learning the history of the material on the roots of democracy in Indonesia in developing critical thinking skills of students in class XI IIS SMA Negeri 1 Tamansari Bogor). The method used is qualitative, by means of observation, interviews and tests. Furthermore, data analysis, contextual data includes four procedures, namely:(1) Verbatim; (2) Data reduction; (3) Presentation of data; (4) Withdrawal of Conclusions and Verification. The results of this study conclude that (1) The application of the student-centred ICARE learning method provides more effective and optimal learning outcomes (2) Can foster students' critical thinking skills to encourage students to provide critical ideas, ideas and opinions.

 

Keywords: ICARE learning method

 

Abstrak

 

Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran ICARE (Studi pada pembelajaran sejarah materi akar-akar demokrasi di Indonesia dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IIS SMA Negeri 1 Tamansari Bogor). Metode yang digunakan adalah kualitatif, dengan cara observasi, wawancara dan test. Selanjutnya data analisis, data konsektual meliputi empat prosuder yaitu: (1) Verbatim; (2) Reduksi data; (3) Penyajian data; (4) Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Penerapan metode pembelajaran ICARE yang bersifat student center memberikan hasil belajar yang lebih efektif dan optimal (2) Dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis peserta didik untuk mendorong peserta didik memberikan gagasan, ide dan pendapat yang kritis.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Danim, Sudarwan (2000). Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Darmadi (2018). Membangun Paradigma Baru Kinerja Guru. Guepedia Publisher.

Ismiati ,B. dkk (2021). Adaptasi dan Transformasi pembelajaran di masa pandemi Covid 19. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran . Yogyakarta: Depublish.

Nana, (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Klaten: Lakeisha.

Nurmalasari, R., dkk (2020). Urgensi Sinergi Lembaga Pendidikan Kejuruan dan Industri di Era Merdeka Belajar. Malang: MNC Publishing.

Ponidi, dkk (2021). Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zakiah, L., Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi.




Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760, Indonesia Contact Email : jurnal.estoria@unindra.ac.id Contact Phone : +62 878-8493-3275 Company : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Indraprasta PGRI