Pengaruh Kemandirian Belajar dan Berfikir Kritis terhadap Pemahaman Konsep Matematika (Survei Pada Mts Swasta di Kota Tangerang Selatan)

Syahidah Belanisa(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kemandirian Belajar dan Berfikir Kritis terhadap pemahaman konsep matematika, untuk mengetahui pengaruh Kemandirian Belajar terhadap pemahaman konsep matematika , dan untuk mengetahui pengaruh Berfikir Kritis terhadap pemahaman konsep matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Sampel diambil sebanyak 60 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket langsung kepada sampel. Analisis data menggunakan statistika deskriptif seperti mencari mean, median, modus, standar deviasi, dan statistika inferensial yaitu untuk mencari koefisien . Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh kemandirian belajar dan berfikir kritis secara bersama sama terhadap pemahaman konsep matematika. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig 0,004 < 0,05 dan F hitung 6,179. (2) Ada pengaruh perhatian orang tua terhadap pemahaman konsep matematika. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig 0,013 dan t hitung = 2,558. (3). Ada pengaruh kemandirian belajar terrhadap pemahaman konsep matematika. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig 0,016 dan t hitung 2,473.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.