Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Konsep Diri dan Kemampun Pemecahan Masalah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Matematika. Mengetahui Pengaruh Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika. Selanjutnya untuk mengetahui Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah terhadap Prestasi Belajar Matematika. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan jumlah responden 83 siswa dari seluruh siswa kelas XI SMK Negeri di Jakarta Timur. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1). Terdapat pengaruh yang signifikan Konsep Diri dan Kemampuan Pemecahan Masalah terhadap Prestasi Belajar Matematika siswa SMK Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig = 0,000 < 0,05, dan Fhitung = 110,564. 2). Terdapat pengaruh yang signifikan Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika siswa SMK Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig = 0,000 < 0,05 dan thitung. = 7,206. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan Kemampuan Pemecahan Masalah terhadap Prestasi Belajar Matematika siswa SMK Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung.= 6,921. Implikasi penelitian : 1). Konsep diri dan kemampuan pemecahan masalah merupakan faktor yang juga mempengaruhi siswa dalam meningkatkan prestasi belajar matematika. 2). Seorang guru dapat menciptakan suasana belajar di kelas dan dapat membentuk konsep diri siswa menjadi lebih baik seperti memberikan kesempatan siswa untuk maju mngerjakan soal di papan tulis sehingga prestasi belajar matematika dapat meningkat. 3). Seorang guru dapat menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah dengan cara memberikan latihan-latihan soal dari masalah matematika maupun masalah sehari-hari yang berhuungan dengan matematika sehingga prestasi belajar matematika dapat meningkat.
References
Asikin, M. (2012). Daspros pembelajaran Matematika I. Semarang: Universitas
Negeri Semarang.
Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan
Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan
Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Universitas
Pendidikan Indonesia, 13 (2) , 1-10.
Ghufron, M. N & Risnawita,R. S. (2010). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: ARRuzz Media.
Hurlock, Elizabeth B. (2001). Perkembangan Anak, Jilid 2. Jakarta: Erlangga