Pengaruh Kemandirian Belajar dan Motivasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Ismayani Safitri(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh kemandirian belajar dan motivasi secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs Negeri di Jakarta Timur (2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs Negeri di Jakarta Timur (3) Pengaruh motivasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs Negeri di Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan analisis linear berganda. Hasil penelitian menunjukan : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama kemandirian belajar dan motivasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig 0,000 < 0,05, dan Fhitung = 358,659. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig 0,000 < 0,05, dan thitung = 6,868. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig 0,003 < 0,05 dan thitung = 3,010. Dengan demikian kemampuan pemecahan masalah matematika dapat ditingkatkan melalui kemandirian belajar dan motivas Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Motivasi, Kemampuan Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta :

PT Rineka Cipta.

Amri, S., & Ahmadi, K.I. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif

dalam Kelas. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

DPR RI. (2007). UU Guru dan Dosen No 14 Tahun 2005 & UU SISDIKNAS No

Tahun 2003. Jakarta: Asa Mandiri.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung:

Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Walle, J. (2006). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.