PENGARUH SIKAP ILMIAH DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ILMU PENGETAHUAN ALAM (Survei pada SMP Swasta di Kabupaten Bogor)

Yogi Indra Permana(1*), Mamik Suendarti(2), Andri Suryana(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


: Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh sikap ilmiah dan kepercayaan diri siswa secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA siswa SMP swasta di kabupaten Bogor, (2) Pengaruh sikap ilmiah siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA siswa SMP swasta di kabupaten Bogor, dan (3) Pengaruh kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA siswa SMP swasta di kabupaten Bogor. Penelitian dilakukan dengan metode survei. Populasi penelitian adalah siswa  SMP swasta di kabupaten Bogor. Sampel penelitian ini sebanyak 76 siswa yang dipilih secara random dari seluruh siswa SMP swasta di kabupaten Bogor yang dijadikan sebagai populasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket sikap ilmiah sebanyak 38 butir pernyataan, angket kepecayaan diri siswa sebanyak 30 butir pernyataan, dan soal kemampuan pemecahan masalah berbentuk essay sebanyak 8 butir soal yang sudah divalidasi. Analisis data dengan metode statistik regresi linier ganda. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan sikap ilmiah dan kepercayaan diri secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA siswa SMP swasta di kabupaten Bogor, hal ini dibuktikan dengan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan Fhitung 39,261. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan sikap ilmiah terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA siswa SMP swasta di kabupaten Bogor, hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan thitung 5,365. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kepercayaan diri terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA siswa SMP swasta di kabupaten Bogor, hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan thitung 3,810. Penelitian ini berguna untuk mengetahui apakah sikap ilmiah dan kepercayaan diri dapat berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA siswa.

References


Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Ertanti, D. (2010). Upaya Peningkatan Sikap Ilmiah Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-BasedLearning) pada Materi Sistem Pencernaan Siswa Kelas XI IPA3 Semester II DI SMA Negeri 2 Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2009/2010. (Skripsi). FMIPA-UNY. Yogyakarta

Kusuma, M.D. (2013). Pengaruh Sikap Ilmiah Siswa terhadap Hasil Belajar Fisika dan Kemandirian Belajar Siswa SMA melalui Strategi Scaffolding-Kooperatif. Jurnal Online FKIP Universitas Lampung.Vol 1, No 02 hlm. 9

Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepulisher.

Prastowo, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.

Salam, B. (2005). Pengantar filsafat. Jakarta: Bumi Aksara.

Supardi. (2019). Monograf: Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif “STAD” dan “TPS”. Jakarta: PGRI Press.

Surya, H. (2009). Menjadi Manusia Pembelejar. Jakarta: Media Komputindo.

Syaifullah. (2008). Ilmu Kewarganegaraan. Bandung : Alfabeta

Rahmawati, P. (2018). Mengenal kemampuan masalah matematika siswa perbatasan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Tahiyah, N. (2018). Pengaruh Motivasi dan Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA. (Tesis). Unindra, Jakarta.

Tawil dan Liliasari. (2013). Berpikir kompleks dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makasar: Badan Penerbit UNM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.