Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Kemampuan Berpikir Positif terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep Ilmu Pengetahuan Alam (Survei Pada SMP Negeri di Kota Cilegon)
(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Kemampuan Berpikir Positif Terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep Ilmu Pengetahuan Alam. Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) Pengaruh langsung kecerdasan intrapersonal terhadap kemampuan penguasaan konsep Ilmu Pengetahuan Alam, (2) Pengaruh langsung kemampuan berpikir positif terhadap kemampuan penguasaan konsep Ilmu Pengetahuan Alam, (3) Pengaruh langsung kecerdasan intrapersonal terhadap kemampuan berpikir positif, (4) Pengaruh tidak langsung kecerdasan intrapersonal terhadap kemampuan penguasaan konsep Ilmu Pengetahuan Alam melalui kemampuan berpikir positif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, dengan menggunakan analisis. Uji hipotesis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan kecerdasan intrapersonal terhadap kemampuan penguasaan konsep Ilmu Pengetahuan Alam siswa SMP Negeri di Kota Cilegon, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung 4,843 ? ttabel 1,988. (2) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan kemampuan berpikir positif terhadap kemampuan penguasaan konsep Ilmu Pengetahuan Alam siswa SMP Negeri di Kota Cilegon, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung 2,314 ? ttabel 1,988. (3) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan kecerdasan intrapersonal terhadap kemampuan berpikir positif siswa SMP Negeri di Kota Cilegon, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung 15,837 ? ttabel 1,988. (4) Terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan kecerdasan intrapersonal terhadap kemampuan penguasaan konsep Ilmu Pengetahuan Alam melalui kemampuan kemampuan berpikir positif siswa SMP Negeri di Kota Cilegon, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung 2,384 ? ttabel 1,988.
Kata Kunci: Kecerdasan Intrapersonal, Kemampuan Berpikir Positif, dan Kemampuan Penguasaan Konsep Ilmu Pengetahuan Alam
Full Text:
PDFReferences
Gardner, H. (2007). Teori Inteligen Ganda dan Aplikasinya di Sekolah. Jakarta: Kanisius
Jujun, S. (2005). Filsafat Ilmu. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Lwin, M, dkk. (2008). How To Multiply Your Child’s Intelligence. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Indonesia: Macanan Jaya Cemerlang.
Musliana. (2007). Metode Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pasca Sarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. |