Pengaruh Tingkat Kreativitas dan Minat belajar Terhadap Kemampuan Membuat Peta Konsep (Survei pada Sekolah Swasta di Kota Bogor)

haris sandi(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Mamiek Suendarti(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract: The The influence of  creativity and interest learning  on ability to make a concept map (a survey at the private senior highs Schools in Bogor City). MIPA study Program. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta , XIII + 5 Chapters + 130 pages + Appendix                                                                                                                                                                                                                                          

The aim of this research is to know: (1) The influence of  creativity and interest learning together on ability to make a concept map of Private High Schools in Bogor City; (2) The influence of creativity on ability to make a concept map of Private High Schools in Bogor City; and (3) The influence of interests learning on ability to make a concept map of Private High Schools in Bogor City. Moreover, the survey methood was used in this research. A sample of 85 students was taken randomly and proportional techniques from X grader students of Private High Schools in Bogor City. The questionnaires and the score of students’ concept map were used in this research. Data analysis with multiple regressions calculates data description, test data analysis requirements, and test hypotheses. The results of this study indicate: (1) There is a significant influence of creativity and interest learning together on ability to make a concept map of Private High Schools in Bogor City. This is evidenced by agreeing to the Sig. = 0.045 <0.05 and Fh = 3.210; (2) There is a significant influence of creativity an ability of making concept map of Private High Schools in Bogor City. This is evidenced by agreeing to the Sig. = 0.027 <0.05 and th = 2.252; and (3) There is a significant influence of interest learning an ability of making concept map of Private High Schools in Bogor City. This is evidenced by agreeing to the Sig. = 0.048 <0.05 and th = -2.010.

 

Keywords: Creativity, Interest Learning and an Ability of Making Concept Map

 

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh tingkat kreativitas dan minat belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan membuat peta konsep; (2)  Pengaruh tingkat kreativitas terhadap kemampuan membuat peta konsep; dan (3) Pengaruh minat belajar terhadap kemampuan membuat peta konsep. Metode yang digunakan adalah metode survey. Sampel sebanyak 85 siswa yang diambil dengan teknik random dan proporsional dari siswa Kelas X SMA Swasta di Kota Bogor. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan nilai peta konsep siswa. Analisis data dengan regresi ganda yang mana menghitung deskripsi data, uji persyaratan analisis data, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan tingkat kreativitas dan minat belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan membuat peta konsep siswa SMA Swasta di Kota Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,045 < 0,05 dan nilai Fh= 3,210; (2)  Terdapat pengaruh yang signifikan tingkat kreativitas terhadap kemampuan membuat peta konsep siswa SMA Swasta di Kota Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,027 < 0,05 dan nilai th= 2,252; dan (3)  Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap kemampuan membuat peta konsep siswa SMA Swasta di Kota Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,048 < 0,05 dan nilai th= -2,010

Kata Kunci: Tingkat Kreativitas, Minat Belajar dan Kemampuan Membuat Peta Konsep

 

 

 


Full Text:

PDF

References


Carlos, K. (2017). Pengaruh Motivasi, Minat, Kedisiplinan Dan Adaptasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Peserta Program Afirmasi Pendidikan Menengah Asal Papua Dan Papua Barat Di Kota Bandung. Social Work Jurnal. 5 (2). 106-208.

Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Djamarah, S. B. (2005). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ghufron, M. N. & Risnawita, R. (2012). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Hasnawati. (2011). Pentingnya kreativitas guru dalam membangkitkan minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan.

Kanedi. (Juni 2017). Pengembangan Kreativitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas II SMP Negeri 3 Rokan IV Koto. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora. 3 (2).

Makmur, A. (Maret 2015). Efektifitas Penggunaan Metode Base Method Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMPN 10 Padangsidimpuan. Jurnal Edu Tech. 1 (1).

Maurisa, A., M & Abdullah, H. (2016). Hubungan kemampuan membuat peta konsep dengan hasil belajar siswa Di Kelas XI Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Pelita Pendidikan. 4 (2). 15-19

Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nella A. (2014). Analisis perkembangan konseptual siswa SMP melalui peta konsep pada pembelajaran IPA. Jurnal Respiratory UPI. 21-30.

Novak, J. D., & Gowin, D. B. (1984) Learning How To Learn. New York: Cambridge University Press.

Sukmadinata, N. S. (2010). Landasan psikologi proses pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Zulfiani, dkk. (2009) Strategi Pembelajaran Sains. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.