PENGARUH KURIOSITAS DAN PROKRASTINASI AKADEMIK TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KIMIA PADA SMA NEGERI di KOTA TANGERANG SELATAN
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh prokrastinasi akademik siswa terhadap penguasaan konsep kimia siswa SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. (2) Pengaruh kuriositas terhadap penguasaan konsep kimia siswa SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. (3) Pengaruh langsung kuriositas terhadap prokrastinasi akademik siswa siswa SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. (4) Mengetahui pengaruh tidak langsung kuriositas melalui prokrastinasi akademik siswa terhadap penguasaan konsep kimia siswa SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik survei deskriptif analisis. Teknik analisa yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 85 siswa SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. Hasil penelitian membuktikan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan kuriositas terhadap penguasaan konsep kimia siswa SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig 0.000 < 0.005 dan nilai thitung (4.139) > ttabel (1.989). (2) Terdapat pengaruh yang signifikan prokrastinasi akademik terhadap penguasaan konsep kimia siswa SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig 0.000 < 0.005 dan nilai thitung (8.959)> ttabel (1.989). (3) Terdapat pengaruh yang signifikan kuriositas terhadap prokrastinasi akademik siswa SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig 0.000 < 0.005 dan nilai thitung (10.390) > ttabel (1.989). (4) Terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan kuriositas melalui prokrastinasi akademik terhadap penguasaan konsep kimia siswa SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig 0.000 < 0.005 dan nilai thitung (6.7628) > ttabel (1.989). Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai P321 (0.4903) > P31 (0.301). Hal ini menginterpretasikan bahwa variabel intervening berfungsi efektif atau efisien, yang artinya akan lebih efektif meningkatkan penguasaan konsep kimia jika dilakukan dengan menurunkan prokrastinasi akademik siswa terlebih dahulu dibandingkan dengan pengaruh langsung dari kuriositas.
Keywords: Kuriositas, prokrastinasi akademik, penguasaan konsep kimia, survei, path analysis
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2011). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Supardi. (2013). Aplikasi Statistik dalam Penelitian, Konsep Statistika Yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.
Sudjana, N.(2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pasca Sarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. |