PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

rizal eka sumadiyo(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract: This research purpose are ; (1)  The effect of  learning model of  students’ concept mastery and science process skill in multivariate of  MTs.S in Indramayu regency, (2)  The effect of learning model of students’ concept mastery in MTs.S Indramayu Regency, (3) The effect of  learning model of students’ science process skill in MTs.S in Indramayu Regency.  The research method  is quantitative with experimental technique. The Analysis technique's one direction of Manova. This research uses post test only for control group design. Reseach population are 2569 and 80 students sample of  MTs.S in Indramayu regency term 2019/2020 in odd semester taken with cluster sampling technique. The research data's quantitative that's reflected by post test's result of concept mastery and  science process skill score. The result proves: (1) There's significant effect of learning model of students' concept mastery and science process skill in multivariate of MTs.S Indramayu regency. It's proved by Sig value = 0,000< 0,05 and Fcount = 69,725; (2), There's significant effect of learning model on students’ concept mastery, It's proved by Sig value = 0,000< 0,05 and  Fcount = 37,823; and (3), There's significant effect of students’ learning model  science process skill in MTs.S Indramayu regency. It's proved by Sig value  = 0,000< 0,05 and Fcount = 119,765. This result implication is teachers have to change the class learning pattern and no longer fixed on teachers-centered learning. In this problem-based learning, it's hoped that teachers are able to develop their creativity ideas to increase the quality and lesson result

Keywords: Learning model, Problem based learning, direct learning, The concept mastery, science process skill

 

Abstrak: Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains. Tujuan penelitian untuk mengetahui ; (1) Pengaruh model pembelajaran secara multivariat terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kabupaten Indramayu, (2) Pengaruh model pembelajaran terhadap pemahaman konsep Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kabupaten Indramayu, (3) Pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan proses sains siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kabupaten Indramayu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik Analisa digunakan Manova satu arah dengan disain post test only control group. Populasi 2569 siswa dan sampelnya 80 siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kabupaten Indramayu tahun pembelajaran 2019/2020. Data penelitian berupa data kuantitatif berupa hasil post test penguasaan konsep dan keterampilan proses sains. Hasil penelitian adalah : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran secara mutivariat terhadap penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa MTs. Swasta di Kabupaten Indramayu. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 69,725; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap  penguasaan konsep siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung = 37,823; dan (3) Terdapat terdapat 

pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap  keterampilan proses sains siswa MTs. Swasta di Kabupaten Indramayu. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung = 119,765. Implikasi penelitian ini adalah guru harus mengubah pola belajar di kelas dan tidak terpaku pada pembelajaran berbasis teachers-centered. Dengan pembelajaran berbasis masalah ini, guru diharapkan mampu mengembangkan ide kreativitasnya untuk meningkatkan mutu dan hasil pembelajaran.

Kata Kunci: model pembelajaran, problem base learning, direct learning, penguasaan konsep, keterampilan proses sains.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

-spasi-

Buku:

Abdullah, S.I. (2016). Aplikasi komputer dalam penyusunan karya ilmiah. Jakarta: Pustaka Mandiri.

Agus, Suprijono. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Media

Amir, M. Taufiq. (2009). Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Bagaimana pendidik memberdayakan pembelajar diera pengetahuan.Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Arends, R. I. (2008). Belajar untuk mengajar. (Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto). New York: McGraw Hills. (Buku asli diterbitkan tahun 2007).,

Arikunto, S. (2010). Proses penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. . (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Andrew, Damon,P.S., Pedersen, Paul, M., & Mc Evoy, Chad, D. (2011). Resesearch Methods And Design In Sport Management. Champaign: Human Kinetics

Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom.Yogyakarta: Kencana Prenada Media Group.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta

Dahar (2011) Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta; PT. Erlangga

Depdiknas Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Repulik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Ghozali,Imam. (2009) Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang:UNDIP

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review, 16, 235-266.

Joyce dan Weil (1995) Models of Teaching. University of California Allyn and Bacon.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Tahun 2017. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud (2014); Buku Guru IPA. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Lohr, Sharon, L. (2009). Sampling: Design And Analysis. Boston: Brooks/Cole Cengage Learning

Muijs, Daniel. (2004). Doing Quantitative Research In Education With SPSS. London: SAGE Publications, Ltd.

Noor, Juliansyah (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, & Karya Ilmiah, Penerbit Prenada Media Group

Nursalam (2003) Konsep & Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Salemba Medika, Jakarta

Rustaman, N., Dirjosoemarto, S., Ahmad, Y., Yudianto, S.A., Rochintaniawati, D., Nuryani, K.M., dan Subekti, R. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung : Jurusan Biologi FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Sekaran, Uma & Bougie, Rogers. (2016). Research Methods For Business: A Skill Building Approach. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc., Publication

Sagala, S (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Robert. E Slavin. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung:Nusa Media

Syamsuddin AR., Vismaia S. Damaianti.(2007) Metode Penelitian Pendidikan Bahasa, Bandung: Remaja Rosdakarya

Sudjana. (2009). Dasar-dasar Proses Belajar Menagajar, Bandung : Sinar Offset

Sudijono, Anas (2017).Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Artikel dalam Jurnal:

Arbangatun, FN. (2012). Pengertian Model Pembelajaran. Diakses dari eprints.uny.ac.id/8627/3/bab%202%20-%2008108244155.pdf. Diperoleh 12 Agustus 2019.

Akinoglu, O. & Tandagon, R. O. (2006). The Effects of Problem-Based Active Learning in Science Education on Students Academic Achievement, Attitude and Concept Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 2007, 3(1), 71-81. Tersedia [On line] : http: www.ejmdte.com. Diperoleh 22 September 2019

Amala, Faristin. (2013). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis . https://lib.unnes.ac.id/17484/1/7101409091.pdf. Diperoleh 8 Oktober 2019

Chin, C. & Chia, L. (2004). Implementing Project Work in Biology through Problem-Based Learning. Diakses dari Journal of Biological Education.38(2),69-75. http://www.Iob.org/downloads/277.pdf. Diperoleh 8 Mei 2019

Holil, A. (2008). Menjadi manusia pembelajar (pembelajaran berbasis masalah). Diakses dari http://www.garduguru.com/holil?html/. Diperoleh 8 Mei 2019

Ilmi, N. (2016) tentang Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Fisika SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2016. Diakses dari http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/3949 (hal.60-61). Diperoleh 12 April 2019

Kuncoro. (2009) METODOLOGI_PENELITIAN https://ebekunt.files.wordpress.com/2009/04/metodologi-penelitian.pdf. Diperoleh 8 oktober 2019

Mustaji, (2005) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pola Belajar Kolaborasi (Model PBMPK) journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajarann /article/ download/3211/531 . diperoleh 12 April 2019

Nuryani (2007) Belajar IPA Melalui Keterampilan Proses Sains (Kps) http://file.upi.edu/Direktori/SPS/Prodi.Pendidikan_IPA/195012311979032-Nuryani_Rustaman/KPS_vs_KG.pdf. Diperoleh 8 Oktober 2019

Putra, Oriza F. (2016) Hasil Uji Validitas Dan Uji Reabilitas Pada Soal Pilihan Ganda. https://www.academia.edu/30502206/Hasil_Uji_Validitas_Dan_Uji_Reabilitas_Pada_Soal_Pilihan_Ganda. Diperoleh 5 September 2019

Rohmah, Anisatur. (2018). NASPUB.pdf (Naskah Publikasi) - Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Guided Inquiry Pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019.

Diakses dari http://v3.eprints.ums.ac.id/auth/user/etd/68934/1/1.

Diperoleh 12 April 2019

Santoso, Edy. (2011), Model-Model Pembelajaran. Diakses dari skp.unair.ac.id/.../Model-Model Pembel_EdySantoso_11499.pdf

Diperoleh 8 Mei 2019.

Suardani, Ni Nyoman dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Keterampilan Proses Sains Siswa,. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/122708-ID-pengaruh-model-pembelajaran-berbasis-mas.pdf. Diperoleh 16 Juni 2019

Sugiharti, Piping (2010) Penerapan-Teori-Multiple-Intelligence-Dalam-Pembelajaran-Fisika.

Diakses dari https://www.scribd.com/document/42579987/29-42-

Diperoleh 10 Agustus 2019

Tamin, R., Suha. (2013). Definitions and uses: Case Study of teachers implementing project based learning. Interdiciplinary Journal of Problem Based Learning. Vol. 7, Issue 2. https://docs.lib.purdue.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1323&context=ijpbl. Diperoleh 5 September 2019

Tri, Yuli, H. (2012). Model-Model Pembelajaran. Diakses dari eprints.uny.ac.id/9445/3/bab%202%20-08513245012.pdf. Diperoleh 12 April 2019.

Ukoh, E.E (2012). Determining the effect of problem-based learning instructional strategy on nce pre-service teachers’ achievement in physics and acquisition of science process skills. Diakses dari http://eujournal.org/index.php/esj/article/view/271. Diambil 16 Juni 2019

Winarti, Tri (2014). Pembelajaran Praktikum Berorientasi Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Pemahaman Konsep. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/4446 . Diperoleh 1 September 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.