PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

neni wahyuni(1*), mamik suendarti suendarti(2), andri suryana suryana(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengaruh Model Pembelajaran, Kemandirian,Terhadap Hasil Belajar Fisika. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar fisika siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor, (2) untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar fisika siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor, (3) untuk mengetahui pengaruh interaksi model pembelajaran dan kemandirian terhadap hasil belajar fisika siswa SMK swasta di Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Analisis data menggunakan Analysis of Varians ( ANOVA). Dari hasil analisis penelitian menyimpulakan : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap hasil belajar fisika SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. = 0,008 < 0,05 dan Fhitung  = 7,517.(2) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar fisika SMK Swasta di  Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung  = 38,057. (3) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan model pembelajaran dan kemandirian terhadap hasil belajar fisika SMK Swasta di

Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,032 < 0,05 dan Fhitung  = 4,864. Peningkatan hasil belajar fisika memiliki kemandirian belajar yang tinggi penting dalam proses pembelajaran. Implikasi pada penelitian ini adalah (1) model pembelajaran dapat dijadikan model pembelajaran yang efektif sebagai pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa,(2) Penerapan model pembelajaran, hendaknya mempertimbangkan tingkat kemandirian belajar siswa.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Kemandirian,Hasil Belajar Fisika.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.