PENGARUH INTENSITAS KOMUNIKASI ORANGTUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Yuni Supriyatin(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh intensitas komunikasi orangtua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, (2) Pengaruh intensitas komunikasi orangtua terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, (3) Pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Populasi penelitian berjumlah 91 siswa, yaitu  siswa kelas XII SMK Swasta IPTEK Jakarta, SMK Swasta Dinamika Pembangunan I, SMK Swasta Ristek Kikin. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampel random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan teknik analisis data. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan intensitas komunikasi orangtua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XII SMK Swasta di Jakarta Timur (2) Terdapat pengaruh yang signifikan intensitas komunikasi orangtua terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XII SMK Swasta di Jakarta Timur. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XII SMK Swasta di Jakarta Timur.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abuddin, N. (2008). Manajemen Pendidikan, Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta : Kencana Prenada Media Group, cet 4.

Aji, N, & Maulana. (2006). Pemecahan Masalah Matematika. UPI. Press. Arifin, Z.

Alwan. (2012). Sumber Data Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Ani, & Rifa’i. (2012). Pengembangan CD Interaktif dengan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Graha Ilmu

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Depdiknas

Devito, Joseph. A. (2013). The Interpersonal Communication Book 13th Edition. United States of America : Person Education, Inc.

Dharmawan, A. (1993). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dengan Keterlibatan Kerja. Yogyakarta : UGM

Djamarah. (2014). Pola Asuh Orangtua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta : Rineka Cipta.

Heruman. (2013). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Hudoyo, Suherman. Dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Ibrahim & Suparni. (2012). Pembelajaran Matematika Teori Aplikasinya. Yogyakarta : Suka-Press, UIN Sunan Kalijaga.

Irawati. (2003). Mendidik Anak Dengan Cinta. Bekasi : Pustaka Inti.

Ismail, Hamzah & Muhlisraini. (2011). Pembelajaran Kontekstual. Bandung : Refika. Aditama.

Isnaeni. (2014). Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (1995). Jakarta : Balai Pustaka

Kirkley. (2003). Principles for Teaching Problem Solving. Plato Learning, Inc.

Miami. (2010). Pengertian Orangtua. Bandung : Refika

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA : National Council of Teachers of Mathematic.

Pertiwi, I. (2010). Pengertian Orangtua. Bandung : Refika

Piaget. (2003). Cara Menumbuhkan Kecerdasan Anak. Jakarta : Rineka Cipta

Prihandoko, C. (2006). Memahami Konsep Matematika Secara Benar dan Menyajikannya dengan Menarik. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Rakhmat. (2007). Psikologi Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Reed, S. K. (2000). Analisis Proses Berpikir Dalam Pemecahan Masalah Matematika Polya Berdasarkan Tipe Kepribadian Pada Sub Materi Himpunan. Surabaya : UIN Sunan Ampel

Rider, E. A., Keefer, C.H. (2006). Commmunication Skills Competencies : Definitions and a Teaching Toolbox. Med Educ.

Rosdiana & Misu, L. (2013). Pengembangan Teori Pembelajaran Perilaku Dalam Kaitannya Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di SMA. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. FMIPA. UNY, Yogyakarta.

Saad, N. S. & Ghani, A. S. (2008). Teaching Mathematics in Secondary School : Theories and Practices. Perak : University Pendidikan Sultan Idris.

Sagala, S. (2012). Supervisi Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press.

Sarwono. (2007). Psikologi Remaja. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Satria. (2009). Pendekatan Teori Belajar Dalam Kemmapuan Pemecahan Matematika. Jakarta : PT. Gramedia

Sofyan, H. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini Dan Cara Praktis Peningkatannya. Jakarta : CV. Informatika

Sugiyono. (2015). Statistik Untuk Penelitian Pendidikan. Bandung : CV. Alfabeta.

Suharnan. (2005). Kemampuan berpikir kreatif dalam pemecahan masalah matematika. Jakarta : PT. Gramedia

Suherman, E. (2001). Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA.

Suwangsih, Erna & Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. UPI Press. Bandung.

Wahyu, R. (2001). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Wardhani. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.