Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry dan Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA (Eksperimen pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Karawang).

ratih komala(1*), Hasbullah Hasbullah(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


  1. Keywords: Inquiry Learning Model, Learning Creativity, Understanding Physics Concepts.
  2. The purpose of this study is to study (1) The effect of learning models on the understanding of Physics concepts (2) The effect of learning creativity on understanding Physics concepts (3) The effect of interactive learning models and student learning creativity on understanding Physics concepts. The research method used is research. The sample consisted of 56 students. Data collection is done by using questionnaire and test distribution techniques. Data analysis uses two way analysis of variance (ANAVA). Field research results obtained 1) Obtained a significant influence in inquiry learning models on the understanding of physics concepts in class XI State Senior High School in Karawang Regency. This can be proven by the sig value of 0.014 <0.050 and the value of F = 6.491 and 2) there is a significant difference between students' creativity in learning with XI grade students of the State Senior High School in Karawang Regency. This can be proven by the approval of the value of sig 0.001 < 0.050 and the value of Fo = 11.891. 3) Provide a significant learning interaction model Inquiry and learning creativity towards the understanding of physics concepts in class XI State Senior High School students in Karawang Regency. This can be proven by the sig value of 0,000 < 0.050 and the value of Fo = 6.491. Thus the learning model of inquiry and student learning creativity understands the concepts of Physics

 

 

 

  1. Kata kunci: Model Pembelajaran Inquiry, Kreativitas Belajar, Pemahaman Konsep Fisika.
    1. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh model pembelajaran inquiry  terhadap pemahaman konsep Fisika (2) Pengaruh kreativitas belajar terhadap pemahaman konsep Fisika (3) Pengaruh interaktif model pembelajaran inquiry dan kreativitas belajar siswa terhadap pemahaman konsep Fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Sampel terdiri dari 56 siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik penyebaran angket dan tes. Analisis data menggunakan Analisis Varian (ANAVA) dua arah. Hasil penelitian dilapangan diperoleh 1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inquiry terhadap pemahaman konsep fisika pada siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Karawang. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai  sig 0,014 < 0,050 dan nilai Fo = 6.491 dan  2) Terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas belajar  terhadap pemahaman  konsep fisika pada siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Karawang . Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai sig 0,001 < 0,050 dan nilai Fo = 11.891. 3) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan model pembelajaran Inquiry dan kreativitas belajar terhadap pemahaman konsep fisika pada siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Karawang . Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai sig 0,000 < 0,050 dan nilai Fo = 6,491 . Dengan demikian model pembelajarn inquiry dan kreativitas belajar siswa mempengaruhi pemahaman konsep Fisika.

Full Text:

PDF

References


Buku:

Achyadiyat, M. (2017). Evaluasi Dalam Pembelajaran. Tanggerang : PT Pustaka Mandiri

Anggraeni, R .(2015) Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap penguasaan Konsep Fisika. Tesis UNINDRA . Tidak diterbitkan

Amin, M. (1987) . Mengajarkan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Menggunakan Metode “Discovery” dan “Inquiry” Bagian 1. Jakarta:

Depdikbud Dikti

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta :PT Bumi Aksara.

Bloom, B.S. (2008). Taxonomy Of Educational Objectives, The Classification OfEducational Goals. Volume 2: Cognitive Domain. New York : David McKay Company, Inc

Dahar, R.W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga

Freudenthal, H. (1991). Revising Mathematics Education. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Madya, S. (2011). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research). Bandung: Alfabeta.

Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian:

Mas’ud. (2006). Kemampuan siswa memahami dan mengaitkan konsep fisika pokok bahasan suhu dan kalor dalam konteks pemahaman instrumental dan relasional. Tesis Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak diterbitkan.

Partono. (2003). Pengaruh Strategi Konflik Kognitif Dalam Pembelajaran Fisika. Tesis PPS UPI.Bandung : UPI Press

Suwarni, N (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep Biologi. Tesis UNINDRA. Tidak diterbitkan.

Artikel dalam Jurnal:

Davis, J. (2001). Conceptual change. In M. Orey (Ed.), Emerging perspectives on learning, teaching, and technology. Tersedia : http://itstudio.coe.uga.edu/ebook

Hake, R.R (1998). Interactive-Engagement Methods in Introductory Mechanics Courses. Departement of Physics, Indiana University, Bloomingtoon. [Online]. Tersedia: http://www.physics.indiana.edu/hake [15 Agustus 2019]

Sunal, W. D. (1992). The Learning Cycle: A Comparison of Models of Learning Strategies for Conceptual Reconstruction: A Review of the Literature. The University of Alabama. Tersedia : http://www.coe.uga.edu/epltt/LessonPlans/chun-minwang.html

prestasi belajar siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1): 1-11.http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.747

Prosiding Seminar:

Adriana, I. (2016). Pengaruh efikasi diri dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 539-548. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.