PENGARUH GAYA BELAJAR DAN RASA INGIN TAHU TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Reza Shaputra(1*), Supardi U S(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui 1)Pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa 2)Pengaruh rasa ingin tahu terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa 3) Pengaruh interaksi gaya belajar dan rasa ingin tahu terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 84 siswa dengan analisis statistik anova 2 arah. Hasil penelitian didapatkan sebagai berikut: 1) nilai sig 0,040 < 0,05 dan Fhitung 3,361 membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika 2) nilai sig 0,000 < 0,05 dan Fhitung 68,586 membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan rasa ingin tahu terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika 3) sig 0,548 > 0,05 dan Fhitung 0,607 membuktikan bahwa pengaruh interaksi yang tidak signifikan gaya belajar dan rasa ingin tahu terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Implikasi: untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, guru harus memahami gaya belajar dan berupaya meningkatkan rasa ingin tahu siswa.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Siswono, Tatag Yuli Eko. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Al Gensindo

De Porter , Bobbi dan Hernacki, Mike. 2014. Quantun Learning. Bandung: Kaifa

Ghufron, M N dan Risnawati, Rini. 2012. Gaya Belajar: Kajian Teoritik. Jogyakarta: Pustaka Pelajar

Irham, Muhamad dan Wiyani, Novan Ardy. 2013. Psikologi Pendidikan : Teori dan Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media

Fadillah, Muhammad dan Khorida, Lilif Mualifatu. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Kurniawan. 2013. Pengaruh kompetensi pedagogik, dan kompetensi professional Guru: Universitas Pendidikan Indonesia. Pustaka Belajar Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.