PENGARUH KECERDASAN NUMERIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA (Survei pada SMP Negeri di Jakart Selatan)

kristiyono kristiyono(1*), Mamik Suendarti(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ; (1) Pengaruh langsung kecerdasan numerik terhadap penguasaan konsep matematika siswa SMP Negeri di Jakarta Selatan. (2) Pengaruh langsung kemandirian belajar  terhadap penguasaan konsep matematika siswa SMP Negeri di Jakarta Selatan. (3) Pengaruh langsung kecerdasan numerik terhadap kemandirian belajar siswa SMP Negeri di Jakarta Selatan. (4) Pengaruh tidak langsung kecerdasan numerik melalui kemandirian belajar terhadap penguasaan konsep matematika siswa SMP Negeri di Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian survei deskriptif analistis. Teknik analisa yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis jalur. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa : (1) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan Kecerdasan Numerik terhadap Penguasaan Konsep Matematika siswa SMP Negeri di Jakarta Selatan. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Signifikan 0,009 < 0,05 dan thitung = 2,689. (2) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan Kemandirian Belajar terhadap Penguasaan Konsep Matematika siswa SMP Negeri di Jakarta Selatan. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,723. (3) Terdapat pengaruh langsung yang tidak signifikan Kecerdasan Numerik terhadap Kemandirian Belajar siswa SMP Negeri di Jakarta Selatan. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai sig. 0,915 > 0,05 dan thitung = 0,107. (4) Terdapat pengaruh tidak langsung yang tidak signifikan Kecerdasan Numerik melalui Kemandirian Belajar terhadap Penguasaan Konsep Matematika siswa SMP Negeri di Jakarta Selatan. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai thitung = 0,054 < ttabel = 1,980.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdullah, S.I. (2016). Aplikasi komputer dalam penyusunan karya ilmiah. Jakarta : Pustaka Mandiri.

Armstrong, Thomas. 2002. Seven Kids Of Smart. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Desmita (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mu’tadin, Z. 2002. Kemandirian sebagai Kebutuhan Psikologi pada Remaja. Jakarta : www.e.psikologi.co.id (13 Mei 2014)

Prasasti, S. (2004). 101 Cara Membina Kemandirian dan Tanggungjawab Anak. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo

Rois, D. (2007). Pengajaran matematika sesuai cara kerja otak. Jakarta: Corwin Press

Sarwono, (2007). Psikologi Remaja. Jakarta : Raja Grafindo Perkasa.

Sujono, H. 1988. Belajar Mengajar Matematika. Jakarta : P2LPTK.

Supardi. 2013. Aplikasi Statistik Dalam Penelitian Edisi Revisi. Jakarta Selatan : Prima Ufuk Semesta

Tanuwidjaja, William. 2009. Intisari Kecerdasan Finansial. Yogyakarta : Media Presindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.