PENGARUH MINAT DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (Survey Pada SMP Swasta Di Kabupaten Bekasi)
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Langsung Minat Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. 2) Pengaruh Langsung Kebiasaan Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. 3) Pengaruh Langsung Kebiasaan Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. 4) Pengaruh Tidak langsung Minat Belajar Melalui Kebiasaan Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. Penelitian dilakukan dengan metode survey. Sampel yang diteliti 42 siswa, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu teknik stratifield sample. Instrument penelitian yang digunakan yaitu tes uraian dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan Minat Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai sig = 0,03 < 0,05 dan thitung 2,247. 2) Terdapat pengaruh langsung yang tidak signifikan Kebiasaan Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai sig = 0,251 > 0,05 dan thitung -1,165. 3) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan Kebiasaan Belajar terhadap Minat Belajar Siswa SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai sig=0,000 < 0,05 dan thitung 5,775. 4) Terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan Minat Belajar melalui Kebiasaan Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai thitung 2,859 > ttabel 2,021.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
DAFTAR PUSTAKA
Buku Teks.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Dalyono, M. (2009) Psikologi Pendidikan. Semarang: Dakara Prize.
Dimyati & Mujiono (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rhineka Cipta.
Djaali (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Gantini, P. & Suhendar, D. (2017) Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: esensi.
Hamalik, O. (2017) Proses Belajar Mengajar. Jakarta PT Bumi Aksara.
Kusdiwelirawan, A. (2014) Statistika Pendidikan. Jakarta : UHAMKA PRESS
Muhibbin Syah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Purwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Slameto (2018). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Supardi, U.S. (2016) Aplikasi Statistika dalam Penelitian : Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: PT. Prima Ufuk Semesta.
Sugiyono (2016) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Suyono, H. (2014) Belajar dan Pembelajaran Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Widoyoko, S. E. P. (2017). Evaluasi Program Pelatihan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rifai, A. dkk (2012). Psikologi Pendidikan . Semarang: UPT Unnes Press.
Syah, M.. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Gie, T. L.. (1995). Cara Belajar yang Efisien Jilid II. Yogyakarta: Liberty
Syah, M.. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grasido Persada.
Surya, H. (2003). Kiat Mengajak Anak Belajar dan Berprestasi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Tesis
Soraya, A. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Menguunakan Metode Make Match Dalam Strategi Pembelajaran Inkuiri Ditinjau dari Perbedaan Gender. Tesis. Jakarta. Perpustakaan Pascasarjan UNJ.
Jurnal & Artikel
Hamimah (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Artikel. Di peroleh dari https://www.researchgate.net/publication/333089920_kemampuan_pemecahan_masalah_matematika (Di unduh 17 September 2019)
Magfirah, Irma, Rahman, Ulfiani, Sulasteri, Sri (2015) Pengaruh Konsep Diri dan Kebiasaan BelajarTerhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Bontomatene Kepulauan Selayar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. p-ISSN: 2354-6883; e-ISSN: 2581-172X. Volume 3, Nomor 1, Juni 2015. Diperoleh dari http://103.55.216.55/index.php/Mapan/article/viewFile/2753/3002 (Di unduh 30 Agustus 2019).
Nurhasanah, S. & Sobandi (2016). Minat Belajar Sebagai Determinasi Hasil Belajar Siswa (Learning Interest as Determinant Student Learning Outcomes). Jurnal Pendidikan manajemen Perkantoran Vol. 1 No. 1, Agustus 2016, Hal. 128 – 135. Diperoleh dari http://ejournal.upi.edu/indext.php/jpmanper/article/view/00000 (Di unduh 30 Agustus 2019).
Rosyidah, F., Utaya, S., Budijanto (2016). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Self-Efficay Terhadap Hasil Belajar geografi di SMA. Jurnal Pendidikan Geografi. Diperoleh dari http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-geografi/article/download/5903/2436
Novianto, G. & Subkhan. 2015. “Pengaruh Minat Belajar, Motif Berprestasi, dan Kesiapan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 1 Subah Tahun Pelajaran 2013/2014”. Economic Education Anlysis Journal: 4 (2), hlm. 440-452. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/6775/4854
(diunduh 30 Agustus 2019).
Ekawati, A.. 2014. “Pengaruh Motivasi dan Minat terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII di SMPN 13 Banjarmasin”. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan: 9 (2), hlm. 1-10. Diperoleh dari https://docplayer.info/43427613-Pengaruh-motivasi-dan-minat-terhadap-hasil-belajar-matematika-kelas-vii-di-smpn-13-banjarmasin-aminah-ekawati-1.html (diunduh, 30 Agustus 2019)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pasca Sarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. |