PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS

Amalina Azizah(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Mamik Suendarti(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar matematika yang efektif dalam proses pembelajaran matematika pada kelas XII Sekolah Menengah Atas. Pengembangan bahan ajar matematika ini diharapkan mampu memperbaiki minat dan motivasi peserta didik untuk belajar matematika yang berhubungan tentang penguasaan konsep dan pemecahan masalah matematika. Prosedur penelitian diadaptasi dari Model Pengembangan Instruksional (MPI) M. Atwi Suparman yang terdiri dari beberapa langkah, yaitu: (1) mengidentifikasi kebutuhan dan menulis tujuan instruksional umum, (2) melakukan analisis instruksional, (3) mengidentifikasi perilaku dan karakteristik peserta didik, (4) menulis tujuan instruksional khusus, (5) menyusun alat penilaian hasil belajar, (6) menyusun strategi instruksional, (7) mengembangkan bahan instruksional, (8) melaksanakan evaluasi formatif. Setelah peneliti melakukan pengembangan bahan ajar matematika pada kelas XII Sekolah Menengah Atas diperoleh hasil berupa bahan ajar matematika untuk Sekolah Menengah Atas kelas XII yang dapat digunakan untuk memfasilitasi dalam melaksanakan pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Herawaty, Y. & R. Wulan. 2013. Hubungan Antara Keberfungsian Keluarga dan Daya Juang Dengan Belajar Berdasar Regulasi Diri Pada Remaja. Jurnal Psikologi, 9(2):138-147. Tersedia di http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/psikologi/article/download/176/164 [diakses 9-5-2019].

OECD (The Organisation for Econoic Cooperation and Development). 2010. PISA 2009 Result: Executive Summary.

Permendikbud. 2014. PMP MTK SMP. Tersedia di http://staff.unila.ac.id/ngadimunhd/files/2012/03/Permen-58-ttg-Kurikulum-SMP.doc (diakses 14-4-2019)

Suparman, M, Atwi. 2012. Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia. Tersedia di http://www.inherentdikti.net/files/sisdiknas.pdf [diakses 11-4-2019].

Wardani, W. S. K. & Saidiyah, S.2016. Daya Juang Mahasiswa Asing. Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2): 213–224. Tersedia di http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/psy/article/download/1111/819 [diakses 9 April 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.