PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN PERSEPSI SISWA ATAS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (Eksperimen pada SMA Swasta di Kabupaten Bogor)

ramayanti ramayanti(1*), Sumaryati Sumaryati(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1. Pengaruh metode pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; 2.Pengaruh persepsi siswa pada kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; 3.Pengaruh interaktif metode pembelajaran dan persepsi siswa pada kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Eksperimen  dilakukan pada SMA swasta di Kabupaten Bogor. Populasi sebanyak 600 siswa dengan sanpel sebanyak 60 siswa. Intrumen adalah tes khusus yang diberikan kepada sampel berupa kuosioner persepsi siswa pada kompetensi pedagogik guru dan tes tulis kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian menunjukan: 1. Terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMA Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0.004 < 0.05 dan FH 8,967; 2. Terdapat  pengaruh persepsi siswa pada kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMA Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0.008 < 0.05 dan FH 7,563;  3. Terdapat pengaruh interaktif yang signifikan metode pembelajaran dan persepsi siswa pada kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0.015 < 0.05 dan FH 6,278. Implikasi penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah  matematika di SMA Swasta Kabupaten Bogor.

 

 

Kata Kunci : Metode Pembelajaran, pedagogik guru, Pemecahan Masalah  Matematika,   Pengaruh.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu.2009. Psikologi Umum. Jakarta : Rineka cipta

Andi Hakim Nasoetion. 1990. Landasan Matematika. Jakarta; Penerbit Bhratara

Karya Aksara

Aip Syarifuddin dan Muhadi. (1992). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta.

: Depdikbud

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Rieneka Cipta. Jakarta

Arends, R.I. 1998. Learning to Teach. New York: MC Grow Hill

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke. Cipta

Djaali, 2011, Psikologi Pedidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hasbullah. 2011. Dasar – Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.

Langeveld, M.J. 1980. Pedagogik Teoritis dan Sistematis. Bandung: Jemmars

Pribadi, Benny. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian.

Rakyat.

Purwanto, Ngalim. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Risnawati, 2008, Strategi Pembelajaran Matematika, Pekanbaru: Suska. Press

Safari, MA, 2005, Teknik Analisis Butir soal instrumen tes dan non tes. Jakarta:

APSI

Salam, Burhanuddin. 2002. Etika Sosial. Asas Moral Dalam Kehidupan Manusia.

Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R.E. 1994. Cooperative Learning : Theory, Research ang Practice.

Englewood Cliff, NJ: Prentice Hall

Sugihartono dkk. 2007. Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press

Sudjana. 2005. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Edisi revisi

Jakarta Rineka Cipta

________ 2006. Metode Statistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutikno, M.S (2009). Belajar dan pembelajaran “Upaya kreatif dalam

Mewujudkan. Pembelajaran yang Berhasil. Cetakan kelima, Bandung :

Prospek

Syah Muhibbin,. 2006. Psikologi Belajar , Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.

Usman Sunyoto. 2004. Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat.

Yogyakarta, Pustaka Pelajar

Wardani, I.G.A.K. dkk. ( 2006 ). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses.

Pendidikan, Jakarta : Kencana Prenada Media

Winarno Surakhmad. 1985. Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar, Metode, dan.

Teknik. Bandung, Tarsito

Zakaria, E., & Halim, L. (2012). The Effect of a Thinking Strategy. Approach

through Visual Representation on Achievement


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.