PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN PERSEPSI SISWA ATAS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (Eksperimen pada SMA Swasta di Kabupaten Bogor)
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1. Pengaruh metode pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; 2.Pengaruh persepsi siswa pada kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; 3.Pengaruh interaktif metode pembelajaran dan persepsi siswa pada kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Eksperimen dilakukan pada SMA swasta di Kabupaten Bogor. Populasi sebanyak 600 siswa dengan sanpel sebanyak 60 siswa. Intrumen adalah tes khusus yang diberikan kepada sampel berupa kuosioner persepsi siswa pada kompetensi pedagogik guru dan tes tulis kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian menunjukan: 1. Terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMA Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0.004 < 0.05 dan FH 8,967; 2. Terdapat pengaruh persepsi siswa pada kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMA Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0.008 < 0.05 dan FH 7,563; 3. Terdapat pengaruh interaktif yang signifikan metode pembelajaran dan persepsi siswa pada kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0.015 < 0.05 dan FH 6,278. Implikasi penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika di SMA Swasta Kabupaten Bogor.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran, pedagogik guru, Pemecahan Masalah Matematika, Pengaruh.
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu.2009. Psikologi Umum. Jakarta : Rineka cipta
Andi Hakim Nasoetion. 1990. Landasan Matematika. Jakarta; Penerbit Bhratara
Karya Aksara
Aip Syarifuddin dan Muhadi. (1992). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta.
: Depdikbud
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Rieneka Cipta. Jakarta
Arends, R.I. 1998. Learning to Teach. New York: MC Grow Hill
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke. Cipta
Djaali, 2011, Psikologi Pedidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hasbullah. 2011. Dasar – Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
Langeveld, M.J. 1980. Pedagogik Teoritis dan Sistematis. Bandung: Jemmars
Pribadi, Benny. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian.
Rakyat.
Purwanto, Ngalim. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Risnawati, 2008, Strategi Pembelajaran Matematika, Pekanbaru: Suska. Press
Safari, MA, 2005, Teknik Analisis Butir soal instrumen tes dan non tes. Jakarta:
APSI
Salam, Burhanuddin. 2002. Etika Sosial. Asas Moral Dalam Kehidupan Manusia.
Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, R.E. 1994. Cooperative Learning : Theory, Research ang Practice.
Englewood Cliff, NJ: Prentice Hall
Sugihartono dkk. 2007. Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press
Sudjana. 2005. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Edisi revisi
Jakarta Rineka Cipta
________ 2006. Metode Statistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutikno, M.S (2009). Belajar dan pembelajaran “Upaya kreatif dalam
Mewujudkan. Pembelajaran yang Berhasil. Cetakan kelima, Bandung :
Prospek
Syah Muhibbin,. 2006. Psikologi Belajar , Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.
Usman Sunyoto. 2004. Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat.
Yogyakarta, Pustaka Pelajar
Wardani, I.G.A.K. dkk. ( 2006 ). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses.
Pendidikan, Jakarta : Kencana Prenada Media
Winarno Surakhmad. 1985. Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar, Metode, dan.
Teknik. Bandung, Tarsito
Zakaria, E., & Halim, L. (2012). The Effect of a Thinking Strategy. Approach
through Visual Representation on Achievement
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pasca Sarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. |