PENGARUH KONSEP DIRI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA (Survei pada SMP Negeri di Tangerang Selatan)

zelvi anjelina(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh langsung konsep diri terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri di Tangerang Selatan. (2) Pengaruh langsung disiplin belajar terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri di Tangerang Selatan. (3) Pengaruh langsung konsep diri terhadap disiplin belajar siswa di SMP Negeri di Tangerang Selatan. (4) Pengaruh tidak langsung konsep diri melalui disiplin belajar terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri di Tangerang Selatan. Sampel penelitian berjumlah 92 siswa SMP Negeri di Tangerang Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan desain penelitian analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan konsep diri terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0.007 < 0,05  dan thitung = 2,782. (2) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan disiplin belajar terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0.037 < 0,05  dan thitung = 2,120. (3) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan konsep diri terhadap disiplin belajar siswa SMP Negeri Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0.010 < 0,05  dan thitung = 2,623. (4) Terdapat pengaruh tidak langsung yang tidak signifikan konsep diri melalui disiplin belajar terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan  thitung < ttabel (0,559 < 1,989).

Kata kunci : konsep diri, disiplin belajar, dan pemahaman konsep matematika.

Full Text:

PDF

References


Abdillah, (2002). Pengertian belajar dari berbagai sumber (belajar dan pembelajaran). Bandung:Alfabeta.

Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Anas, S (2007). Pengantar statistika pendidikan. Jakarta : grafindo Persada Raju.

Arifin,Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung :Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Azmiyawati, J. dan Kusumawati, R. (2008), IPA Saling Temas 5. Jakarta: PT. Intan Pariwara.

Chaplin, J.P. 2001. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Penerjemah: Dr. Kartini Kartono.

Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ghozali, Imam.2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS.Edisi 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.

Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. (Jakarta:Raja Grafindo Persada).

Hamdi, Muhammad. 2016. Teori Kepribadian Sebuah Pengantar. Bandung: Alfabeta

Heruman. 2010. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Hutagalung, Inge. 2007. Pengembangan kepribadian (Tinjauan Praktis Menuju Pribadi Positif). Indeks: Jakarta.

Lestari dan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama.

Ratumanan. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. 2002. MetodeStatistika.Bandung :Tarsito.

Sudjana, Nana.2008. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosda Karya

Sugiyono. 2008. MetodePenelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Surya, Mohamad. (2014). Psikologi guru Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta

Syamsul, Bahri T. 2013. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta : Kencana

Tanamal, Debby. 2004. Tinjauan Teori danEvaluasi Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. JurnalCharacter Building I, UniversitasBina Nusantara, Jakarta.

Thoha, Chabib. 1990. Teknik Evaluasi Pendidikan .Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.