PENGARUH KONSEP DIRI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA (Survei pada SMP Negeri di Tangerang Selatan)
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh langsung konsep diri terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri di Tangerang Selatan. (2) Pengaruh langsung disiplin belajar terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri di Tangerang Selatan. (3) Pengaruh langsung konsep diri terhadap disiplin belajar siswa di SMP Negeri di Tangerang Selatan. (4) Pengaruh tidak langsung konsep diri melalui disiplin belajar terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri di Tangerang Selatan. Sampel penelitian berjumlah 92 siswa SMP Negeri di Tangerang Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan desain penelitian analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan konsep diri terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0.007 < 0,05 dan thitung = 2,782. (2) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan disiplin belajar terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0.037 < 0,05 dan thitung = 2,120. (3) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan konsep diri terhadap disiplin belajar siswa SMP Negeri Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0.010 < 0,05 dan thitung = 2,623. (4) Terdapat pengaruh tidak langsung yang tidak signifikan konsep diri melalui disiplin belajar terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan thitung < ttabel (0,559 < 1,989).
Kata kunci : konsep diri, disiplin belajar, dan pemahaman konsep matematika.Full Text:
PDFReferences
Abdillah, (2002). Pengertian belajar dari berbagai sumber (belajar dan pembelajaran). Bandung:Alfabeta.
Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Anas, S (2007). Pengantar statistika pendidikan. Jakarta : grafindo Persada Raju.
Arifin,Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung :Remaja Rosdakarya
Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Azmiyawati, J. dan Kusumawati, R. (2008), IPA Saling Temas 5. Jakarta: PT. Intan Pariwara.
Chaplin, J.P. 2001. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Penerjemah: Dr. Kartini Kartono.
Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ghozali, Imam.2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS.Edisi 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. (Jakarta:Raja Grafindo Persada).
Hamdi, Muhammad. 2016. Teori Kepribadian Sebuah Pengantar. Bandung: Alfabeta
Heruman. 2010. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Hutagalung, Inge. 2007. Pengembangan kepribadian (Tinjauan Praktis Menuju Pribadi Positif). Indeks: Jakarta.
Lestari dan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama.
Ratumanan. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana. 2002. MetodeStatistika.Bandung :Tarsito.
Sudjana, Nana.2008. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosda Karya
Sugiyono. 2008. MetodePenelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Surya, Mohamad. (2014). Psikologi guru Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta
Syamsul, Bahri T. 2013. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta : Kencana
Tanamal, Debby. 2004. Tinjauan Teori danEvaluasi Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. JurnalCharacter Building I, UniversitasBina Nusantara, Jakarta.
Thoha, Chabib. 1990. Teknik Evaluasi Pendidikan .Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pasca Sarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. |