PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN SIKAP SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM

sumaryoto yoto(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh metode pembelajaran dan sikap siswa terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Hipotesis penelitian yang diuji meliputi : 1) pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar IPA, 2) pengaruh sikap siswa terhadap hasil belajar IPA, dan 3) Pengaruh Interaktif metode pembelajaran dan sikap siswa terhadap hasil belajar IPA. Penelitian dilakukan dengan metode survey dan eksperimen. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Islam swasta di kabupaten Serang dengan besar sampel 80 siswa. Instrument penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar IPA yang berbentuk tes pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah diuji homogenitasnya dengan besar sig. 0,543 > 0,05 dan Fhitung = 0,721. Analisis data menggunakan analisis of varians  ( ANOVA) dua jalur/arah. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sbagai berikut : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap hasil belajar IPA pada siswa SMPI swasta di kabupaten Serang. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 14,953. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan sikap siswa terhadap hasil belajar IPA pada siswa SMPI swasta di kabupaten Serang. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 29,309. 3) Terdapat pengaruh interaktif yang signifikan metode pembelajaran dan sikap siswa terhadap hasil belajar IPA pada siswa SMPI swasta di kabupaten Serang. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,023 < 0,05 dan Fhitung = 5,383. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar IPA di tingkat Sekolah Menengah Pertama ( SMP)


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Addurahman, M. (2012) Anak Berkesukitan Belajar Teori. Diagmosis, dan Remediasinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, A. (2003). Psikologi Umum, Jakarta: Rineka Cipta.

Anas, S. (2007). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

…………(2013). Dasar-Dasar Evaluasi pendidikan, Jakarta: Bumu Akrasa

Baharudin & Wahyuni, E.N (2012). Teori Belajara dan Pembelajaran Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan: Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarat: Rineka Cipa

Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Akrasa

Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika

Hidayah, R. (2009). Psikologi Pengauhan Anak Malang. : UIN PRESS

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodisdan Pradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim, M. (2007). Kecakapn Hidup: Keterampilan Berpikir Kritis, Diakses dan http:/kpicentre.web.id

Robbins, S P. & Judge. T.A. (2006). Perilaku Organisasi Terjemahan Benyamin Molan. Jakarta: Indeks


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.