PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN SIKAP SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh metode pembelajaran dan sikap siswa terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Hipotesis penelitian yang diuji meliputi : 1) pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar IPA, 2) pengaruh sikap siswa terhadap hasil belajar IPA, dan 3) Pengaruh Interaktif metode pembelajaran dan sikap siswa terhadap hasil belajar IPA. Penelitian dilakukan dengan metode survey dan eksperimen. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Islam swasta di kabupaten Serang dengan besar sampel 80 siswa. Instrument penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar IPA yang berbentuk tes pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah diuji homogenitasnya dengan besar sig. 0,543 > 0,05 dan Fhitung = 0,721. Analisis data menggunakan analisis of varians ( ANOVA) dua jalur/arah. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sbagai berikut : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap hasil belajar IPA pada siswa SMPI swasta di kabupaten Serang. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 14,953. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan sikap siswa terhadap hasil belajar IPA pada siswa SMPI swasta di kabupaten Serang. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 29,309. 3) Terdapat pengaruh interaktif yang signifikan metode pembelajaran dan sikap siswa terhadap hasil belajar IPA pada siswa SMPI swasta di kabupaten Serang. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,023 < 0,05 dan Fhitung = 5,383. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar IPA di tingkat Sekolah Menengah Pertama ( SMP)
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Addurahman, M. (2012) Anak Berkesukitan Belajar Teori. Diagmosis, dan Remediasinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmadi, A. (2003). Psikologi Umum, Jakarta: Rineka Cipta.
Anas, S. (2007). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
…………(2013). Dasar-Dasar Evaluasi pendidikan, Jakarta: Bumu Akrasa
Baharudin & Wahyuni, E.N (2012). Teori Belajara dan Pembelajaran Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan: Jakarta: Rineka Cipta
Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarat: Rineka Cipa
Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Akrasa
Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika
Hidayah, R. (2009). Psikologi Pengauhan Anak Malang. : UIN PRESS
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodisdan Pradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ibrahim, M. (2007). Kecakapn Hidup: Keterampilan Berpikir Kritis, Diakses dan http:/kpicentre.web.id
Robbins, S P. & Judge. T.A. (2006). Perilaku Organisasi Terjemahan Benyamin Molan. Jakarta: Indeks
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pasca Sarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. |