Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Dhevvy Ranesa(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Swasta di Kota Bekasi (2) Pengaruh gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Swasta di Kota Bekasi (3) Pengaruh interaktif model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Swasta di Kota Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, analisa menggunakan analisis of variance (ANOVA) dua arah. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa dengan teknik sampling Random Sampling. Dari hasil analisis didapat bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Swasta di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fh = 28,173. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Swasta di Kota Bekasi.   Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fh = 50,086. (3) Terdapat pengaruh interaktif yang signifikan model pembelajaran  dan gaya kognitif  terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Swasta di Kota Bekasi.  Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. = 0,015 < 0,05 dan Fh = 6,239.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2015). Intuisi Dalam Pembelajaran Matematika. Jakarta : Lentera Ilmu Cendikia.

Agus Susanto, H. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif. Yogyakarta : Deepublish.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, B. H. (2014). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.