PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL DAN INTERNALISASI NILAI ISLAM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS ILMU PENGETAHUAN ALAM (Survei pada SMP Swasta di Kabupaten Bogor)

Ade Idrus Hariri(1*), Mamik Suendarti(2), Acep Musliman(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual dan internalisasi nilai Islam terhadap keterampilan berpikir kritis ilmu pengetahuan alam.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel yang diambil sebanyak 83 peserta didik dengan teknik acak sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran soal tes dan kuisioner secara langsung kepada sampel. Analisis data menggunakan statistik deskriptif seperti mean, median, modus, standart deviasi, dan uji statistika. Hasil penelitian menunjukkan : 1). Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan spiritual dan internalisasi nilai Islam secara bersama-sama terhadap keterampilan berpikir kritis ilmu pengetahuan alam siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Fhitung = 13,693 dan nilai Sig = 0,000 < 0,05, dengan kontribusi sebesar 25,5 %. 2). Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan spiritual terhadap keterampilan berpikir kritis ilmu pengetahuan alam siswa SMP Swasta di kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung = 2,881 dan Sig. 0,005 < 0,05, dengan kontribusi sebesar 7,53 %. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan internalisasi nilai Islam terhadap keterampilan berpikir kritis ilmu pengetahuan alam siswa SMP Swasta di kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung = 4,415 dan Sig. 0,000 < 0,05, dengan kontribusi sebesar 17,97%.

Kata kunci: Kecerdasan Spiritual, Internalisasi Nilai Islam, Keterampilan Berpikir Kritis 


Full Text:

PDF

References


Agustian, A. G. 2005. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ (Emotional Spiritual Quotient) : (the ESQ way 165 1 Ihsa, 6 Rukun Imán dan 5 Rukun Islam), Jakarta: Arga.

Kuswana, W. S. 2013. Taksonomi Berpikir. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Muhaimin. 2009. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muspiroh, N. 2013. Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah. Pendidikan IPA-Biologi. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Sani, R. A. 2019. Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Medan : TSmart

Suastra, I W.. 2005. Merekonstruksi Ilmu Pengetahuan Alam Asli (Indigenous Science ) Dalam Upaya Mengembangkan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Budaya Lokal Di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja.

Sukidi. 2004. Kecerdasan Spiritual Mengapa SQ Lebih Penting Dari Pada IQ dan EQ. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zohar, D. dan Ian M. 2002. SQ: Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berfikir Integralistik dan Holistik Untuk Memaknai Kehidupan. Bandung: Mizan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.