Pengaruh Lingkngan Keluarga dan Motivasi Teradap Prestasi Belajar Matematika (Eksperiment pada SMP Negeri di Kabupaten Bekasi)

Kaswin Kartawijaya(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika. Mengetahui Pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika. Mengetahui Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode survey, dengan jumlah responden 92 siswa dari seluruh siswa kelas VIII SMPN 1, SMPN 2 dan SMPN 3 Cikrang Pusat. Pengolahan data penelitian ini menggunakan SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang sigifikan lingkungan keluarga dan motivasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri di Kabupaten Bekasi. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri di Kabupaten Bekasi. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri di Kabupaten Bekasi. Kontribusi lingkungan keluarga dan motivasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Matematika sebesar 14%. Lingkungan keluarga dan motivasi masingmasing memberi kontribusi sebesar 10,09% dan 3,91% terhadap prestasi belajar Matematika.

Full Text:

PDF

References


Conny R. Semiawan.2010.Kreativitas dan Keberbakatan.Jakarta:PT Indeks. Dalyono.2005.Psikologi Pendidikan.Jakarta:Rineka Cipta. Dimyati dan Mudjiono.2006.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Dimyati.2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Hasbullah.2012.Dasar-dasr Ilmu Pendidikan.Jakarta:PT Raja Grafindo Persada. Purwanto, Ngalim.1990.Psikologi Pendidikan.Bandung:Remaja Rosda Karya. Purwanto.2013.Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sardiman, A.M. 2007. Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali press. Slameto.2015.Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Pustaka. Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Metode Baru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.