Pengaruh Kecerdasan Spasial Visual Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survei Pada Siswa SMAN Di Kota Tangerang Selatan)

Rahadian Satya Buana(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spasial visual terhadap prestasi belajar matematika, untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dan untuk mengetahui pengaruh interaksi kecerdasan spasial visual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel berukuran 90 orang yang diambil secara random dan berstrata berdasarkan perbandingan jumlah siswa di SMAN 1 Tangerang Selatan dan SMAN 9 Tangerang Selatan. Untuk menggambarkan pengaruh satu-satu antar variabel dilakukan dengan analisis regresi sederhana dan untuk menggambarkan pengaruh keseluruhan variabel secara bersama-sama digunakan analisis regresi ganda. Pengujian asumsi untuk pengujian parameter regresi pada data penelitian dilakukan dengan uji normalitas dengan metode Liliefors, uji homogenitas dengan metode Bartlett, dan juga uji keberartian dengan kelinieran model regresi. Pada bagian akhir dilakukan pengujian hipotesis dan interpretasi hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan: 1).Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan spasial visual dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh = 14.151. 2).Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan spasial visual terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0.012 < 0.05 dan th = 2.555. 3).Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan th = 3.768

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.