Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematika (Eksperimen Pada Siswa Kelas Xi MIPA SMA Negeri Di Kota Tangerang)
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan penalaran dan koneksi matematika siswa kelas XI MIA (……) SMA Negeri di Kota Tangerang. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen. Populasi adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri di Kota Tangerang dengan besar sampel sebanyak 71 siswa, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu cluster sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan penalaran dan kemampuan koneksi matematika bentuk uraian masing- masing sebanyak 5 soal dan 4 soal. Kesimpulan hasil uji hipotesis yaitu: (1) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran terhadap kemampuan penalaran dan koneksi matematika siswa kelas XI MIA SMA Negeri di Kota Tangerang. (2) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran terhadap kemampuan penalaran matematika siswa kelas XI MIA SMA Negeri di Kota Tangerang. (3) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran terhadap kemampuan koneksi matematika siswa kelas XI MIA SMA Negeri di Kota Tangerang. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, kemampuan penalaran dan kemampuan koneksi matematika siswa di tingkat SMA.
Kata kunci: Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs), Mind Map, Kemampuan Penalaran Matematika, Kemampuan Koneksi Matematika
Kata kunci: Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs), Mind Map, Kemampuan Penalaran Matematika, Kemampuan Koneksi Matematika
Full Text:
PDF (Indonesian)Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pasca Sarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. |