Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Eka Asmar(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh langsung kemandirian belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam, 2) Pengaruh langsung minat belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam, 3)Pengaruh langsung kemandirian belajar terhadap minat belajar, 4) Pengaruh tidak langsung kemandirian belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui minat belajar. Hasil penelitian membuktikan, bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa SMP Negeri di Kecamatan Mampang Prapatan. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig. 0,043 < 0,05 (2) terdapat pengaruh langsung yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa siswa SMP Negeri di Mampang Prapatan. Hal tersebut dibuktikan nilai Sig. 0,024 < 0,05 (3) terdapat pengaruh langsung yang signifikan kemandirian belajar terhadap minat belajar siswa SMP Negeri di Kecamatan Mampang Prapatan. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig.=0,001<0,05 (4) terdapat pengaruh tidak langsung yang tidak signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPA melalui minat belajar siswa SMP Negeri di Kecamatan Mampang Prapatan. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai thitung  0,59 < ttabel 1,988. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat memberikan masukan kepada guru tingkat SMP khususnya kepada guru IPA untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dan dapat menumbuhkan  minat belajar pada diri siswa sehingga dapat mengoptimalkan prestasi belajar siswa.

Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Minat Belajar, dan Prestasi Belajar Ilmu  Pengetahuan Alam

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ali, Mohamad Dan Mohamad Asrori. 2011. Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik). Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

________________, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta, Cet. Ke- 13

.

Harini, Sri dan Ririen K. 2007. Metode Statistika. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Hapsari, Sri. 2007. Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Grasindo.

Hidayat, Muhammad. 2004. Strategi Pembelajaran. Yogjakarta : Andi Offset.

Mudjiman, Haris. 2011. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Purwanto, Ngalim. 2004. Prinsip-prinsip dan Tekhnik Evaluasi Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Riduwan dan Engkos A. Kuncoro. 2007. Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung : Alfabeta.

Sasmoko. 2004. Metode Penelitian. Jakarta : UKI Press.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta :

Rineka Cipta.

______ 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Supardi. 2013. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian (Konsep Statistika Yang Lebih Komprehensif). Jakarta : Change Publication.

Sudijono, Anas. 2007. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo.

Surya, Hendra. 2007. Percaya diri Itu Penting. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya.

____ Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. cet. Ke- 15.

UU Sisdiknas. 2003. UU RI No. 20 Tahun 2003 (Tentang Sistem Pendidikan Nasional). Bandung : Citra Umbara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.