The Influence of Cognitive Styles and Students' Learning Attitudes towards Understanding Chemical Concepts (Survey at Vocational High School in Bekasi)

Aristianti Aristianti(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kognitif  dan sikap belajar siswa secara bersama-sama terhadap pemahaman konsep Kimia, untuk mengetahui pengaruh gaya kogntif  terhadap pemahaman konsep Kimia dan untuk mengetahui sikap belajar sisa terhadap pemahaman Kimia siswa SMK di Bekasi. Sampel yang digunakan 60 siswa sebagai sampel penelitian menggunakan teknik proposional random sampling dari seluruh siswa SMK Swasta di Bekasi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan pemberian tes pemahaman konsep dan penyebaran angket. Analisa data terdiri dari pengujian instrumen penelitian dengan uji validitas, reliabilitas,. Selanjutnya dilakukan uji persyaratan analisis dengan uji normalitasdan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji regresi linear berganda. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari  2018 sampai dengan Mei 2018. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan beberapa hal sebagai berikut : 1)Terdapat pengaruh yang signifikan gaya kognitif dan sikap belajar siswa secara bersama-sama terhadap pemahaman konsep Kimia siswa di SMK Swasta di Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan 1) nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 16,656 2).Terdapat pengaruh yang signifikan gaya kognitif terhadap pemahaman konsep Kimia  siswa SMK Swasta di Bekasi . Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,007< 0,05 dan thitung = 2,478. 3).Terdapatpengaruh yang signifikansikap belajar siswa terhadap pemahaman konsep Kimia. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,009< 0,05dan thitung = 2,583.

Keyword :  gaya kognitif, pemahaman konsep kimia, sikap pelajar, sekolah menengah kejuruan


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Sardiman. (2004). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta :Bumi Angkasa

Agus, S. (2009). Cooperative learning, teori & aplikasi. Surabaya: PAIKEM.

Ahmadi, A. (2002). Psikologi sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto,S. (1993). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Bandung: Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2010). Belajar dan pembelajaran. Cetakan ke-4. Bandung: Alfabeta.

Azwar, S. (2012). Sikap manusia: teori dan pengukurannya. Yogyakarta: Liberty.

Bimo, W. (2002). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Brown, E., Brailsford, T., Fisher, T., Moore, A., and Ashman, H. Reappraising Cognitive Styles in Adaptive Web Applications. In Proc. WWW 2006, ACM Press (2006), 327-335.

Dahar, R. W. (2006). Teori-teori belajar. Jakarta: Erlangga.

Daniels, H. L. (1996). Interaction of cognitive style and learner control of presentation mode in the hypermedia environment (unpublished doctoral dissertation). the faculty of Virginia Polytechnic Institute and State University, US.

Daryanto. (2005). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Departemen.

De Houwer, Jan et al. "What Is Learning? On The Nature And Merits Of A Functional Definition Of Learning". Psychonomic Bulletin & Review, vol 20, no. 4, 2013, pp. 631-642. Springer Nature.

Desmita. (2012). Psikologi perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Djaali. (2006). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Elmubarok, Z. (2008). Membumikan pendidikan nilai . Bandung: Alfabeta.

Gerungan, W.A. (2009). Psikologi sosial. Bandung : Refika Aditama.

Lin, C. H. & Davidson-Shivers, G. V. (1996) 'Effects of linking structure and cognitive style on students' performance and attitude in a computer-based hypertext environment' Journal of Educational Computing Research, 15, 4, 317-329.

Made, W. (2009). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer: suatu tinjauan konseptual operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Messick, S. (1994) The matter of style: manifestations of personality in cognition, learning, and teaching. Educational Psychologist, 29, 121-136.

Nazir, M.(2003). Metode penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Nasution, S. (2008). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ngalim, P. (2014). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Jakarta: GPU.

Paulina, P. (2002). Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Pusat Penerbitan

PT Remaja Rosdakarya.

Riding, R., & Rayner, S. (2012). Cognitive styles and learning strategies: Understanding style differences in learning and behavior. New York: Routledge.

Eko, S. (2009. Evaluasi program pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sarlito W., & Meinarno, E. A.(2009). Psikologi sosial, Jakarta: Salemba Humanika,

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudaryono. (2012). Dasar-dasar evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono.(2006). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. (2005). Landasan psikologi proses pendidikan. Bandung: Universitas Terbuka.

Winkel, W. S. (2005). Psikologi pendidikan dan evaluasi belajar. Jakarta: PT.Ghalia.

Witkin, H. A., & Goodenough, D. R. (1981). Cognitive style: essence and origins. New York: International Universities Press.

Woolfolk, A. (2003). Educational psychology. New York: Merril


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.