Pengaruh Persepsi Atas Model Pembelajaran Information Communication Technology (ICT) Dan Pemberian Pekerjaan Rumah Terhadap Prestasi Belajar Matematika

Karyasih Karyasih(1*), Gatot Suradji(2), Adi Dasmo(3)

(1) Universitas Indraprasta Pgri Jakarta
(2) Universitas Indraprasta Pgri Jakarta
(3) Universitas Indraprasta Pgri Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi atas model pembelajaran ICT terhadap prestasi belajar matematika di kota Bekasi.  2). Pengaruh pemberiaan pekerjaan rumah terhadap prestasi belajar matematika di kota Bekasi 3). Pengaruh persepsi atas model pembelajaran berbasis ICT dan pemberiaan pekerjaan rumah terhadap prestasi belajar matematika di kota Bekasi. Metode dalam penelitian  adalah menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian adalah kelas X siswa SMK swasta Bunda Auni dan SMK Mitra Bakti Husada kota Bekasi tahun ajaran 2023/2024, sampel dalam penelitian ini ditetapkan sebanyak 121 siswa/i, hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan persepsi Information Community Technology (ICT) terhadap prestasi belajar matematika SMK di kota Bekasi. Hal ini dibuktikan hasil pengujian diperoleh nilai Sig=0.020<0,05 dan t hitung 2,396 hal ini diperkuat dengan nilai;  2) Terdapat pengaruh yang signifikan pemberian Pekerjaan Rumah  diperoleh hasil pengujian nilai Sig=0.002<0,05 dan t hitung 3,308;  3). Terdapat pengaruh bersama persepsi atas model pembelajaran  Information Communication Technology (ICT) dan Pemberian pekerjaan rumah terhadap prestasi belajar matematika di SMK Bunda Auni dan SMK Mitra Bakti Husada kota Bekasi hasil pengujian nilai Sig=0.000<0,05 dan f hitung 19,341. Model summary R square didapat sebesar 0,602 sebesar 38,4%..bstrak yang ditampilkan diawali dalam bahasa Inggris dan juga bahasa Indonesia, sejumlah 150-250 kata dan diberikan keywords minimal 3 dan maksimal 5. Abstrak memuat hal-hal penting yang berhubungan dengan artikel, meliputi latar belakang, metode penelitian, hasil dan pembahasan, serta simpulan.

References


Alimuddin, A., Juntak, J. N. S., Jusnita, R. A. E., Murniawaty, I., & Wono, H. Y.

(2023). Teknologi dalam pendidikan: Membantu siswa beradaptasi dengan revolusi industri 4.0. Journal on Education, 5(4), 11777-11790.

Jamaludin, H., Putra, T. W. A., Sulartopo, S., & Hartono, B. (2024).

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN METODE EXPLORATORY TUTORIAL MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI, 15(1), 201-214.

Meisani, D. R. (2021). Persepsi Siswa terhadap Penerapan Bahasa Inggris sebagai

Muatan Lokal di Sekolah Dasar. Didaktika, 1(2), 243-253.

Nastia, A., Kurniawan, F. D., Istiqomah, N., Latifa, N., Reubun, Z., & Viratama, I.

P. (2024). PENGUKURAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS ICT. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 5(2), 21-30.

Palupi, R. (2014). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Terhadap

Kinerja Guru Dalam Mengelola Kegiatan Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Di SMPN N 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 141730.

Rukmana, A. Y., Supriandi, S., & Wirawan, R. (2023). Penggunaan teknologi

dalam pendidikan: Analisis literatur mengenai efektivitas dan implementasi. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 460-472.

Sigala, L. I. S. A. (2016). Hubungan persepsi siswa tentang cara mengajar guru

dengan motivasi belajar siswa yang pernah mengikuti remedial. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(3).

Saputri, N. L., Widiyarto, S., Nugroho, N., & Hadi, I. (2022). Penyuluhan Digital

Untuk SMP YWKA 2. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(1), 96-102.

Verawati, N. N. S. P. (2020). Efektivitas Penggunaan E-Learning dalam Pengajaran

di Kelas untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(2), 168-175.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.