Pengaruh Keyakinan Matematika (Belief Mathematic) dan Rasa Ingin Tahu (Curiosity) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
References
Afiani, N. 2016. Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1): 1–13.
Ariawan, R., dan Nufus, H. 2017. Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Theorems (The Original Research of Mathematics), 1(2): 82–91.
Arifin, Z., Trapsilasiwi, D., dan Fatahillah, A. 2016. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas VIII-C SMP Nuris Jember. Jurnal Edukasi, 3(2): 9.
Arikunto, S. 2010. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Astuti, A. dan Leonard. 2012. Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Anggraini. Jurnal Formatif, 2(2): 102–110.
Djamarah. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Fauziah, L, Sudirman, dan Abadyo. 2020. Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 4(2): 1-10.
Fitriani dan Latifah, U.W. 2012. Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 1(1): 1.
Gardenia, N. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa SMK Melalui Pembelajaran Kontruktivisme Model Needham. Jurnal Formatif, 6(2): 110–118.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: CV Pustaka Setia.
Hergenhahn, Mattew Olson. 2010. Teori Belajar. Jakarta: Kencana.
Huda, M. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Khairah, D. I. Ummul. Dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP N 1 Mangaran Situbondo. Jember: UJ
Komalasari, K. 2014. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Rafika Aditama.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Press.
Kurniasih. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Manullang, S. 2017. Matematika untuk kelas XI SMA sederajat. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Munawar. 2013. Belajar dan Pembelajaran.
Puspitasari. 2014. Ini Penyebab Nilai Matematika Indonesia Rendah.
Putri, D.P. 2017. Pengaruh pembelajaran kooperatif think talk write terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah. Bengkulu: Belajea.
Rachmayani, D. 2014. Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Unsika, 2(11): 13–23.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sani, R. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Siyoto, S. dan Sodik, M.A. 2015. Dasar Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Publishing.
Sriwahyuni, T., Amelia, R., dan Maya, R. 2019. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(1): 18–23.
Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Ramaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugandi, A.I., dan Bernard, M. 2018. Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Analisa, 4(1): 16–23.
Suprijono, A. 2015. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, A. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sutikno, S. 2014. Metode dan Model Pembelajaran. Lombok: Holistika.
Thobroni. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara. Jakarta.
Umardiyah, F., Subanji, dan Dwiyana. 2017. Komunikasi Matematis Siswa Homeschooling melalui Gesture pada Materi Irisan Dua Himpunan. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(2): 155–159.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional 2003. Jakarta : Sinar Grafika.
Refbacks




Pasca Sarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
![]() Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. |