Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika

Nur Fadillah(1*)

(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak Observasi langsung dan pengamatan nilai ulangan harian yang dilakukan oleh peneliti menunjukan bahwa terdapat 35% siswa dinyatakan tuntas dan 65% siswa dinyatakan tidak tuntas dari kriteria ketuntasan minimum sebesar 70. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya model pembelajaran serta motivasi belajar yang terlihat saat observasi langsung dilakukan. Oleh karna itu, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh interaktif model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas XI Madrasah Aliyah (MA) di Kota Tangerang. 2) Pengaruh model pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas XI Madrasah Aliyah (MA) di Kota Tangerang. 3) Pengaruh motivasi belajar terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas XI Madrasah Aliyah (MA)  di Kota Tangerang. Penelitian berlangsung selama 4 bulan mulai dari September 2023 sampai dengan Desember 2023 pada dua sekolah yaitu MAN 1 Kota Tangerang dan MAN 2 Kota Tangerang. Peneliti memilih metode kuasi eksperimen dalam melakukan penelitiannya dengan jumlah sampel 80 siswa. Penelitian ini menggunakan angket dan post test sebagai instrumentnya. Dengan 40 butir pernyataan angket yang sudah divalidasi dan 35 butir soal post test yang telah divalidasi serta di uji reliabilitasnya. Data yang diperoleh selanjutnya di analisis menggunakan Anova Dua Arah. Berdasarkan analisis tersebut, didapatkan hasil : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap pemahaman konsep Matematika. Hal ini dibuktikan oleh perolehan nilai Sig.-kelompok B (<0,001) < 0,05 dengan nilai Fhitung = 28,956. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep Matematika. Hal ini dibuktikan oleh perolehan nilai Sig.-kelompok A (<0,001) < 0,05 dengan nilai Fhitung = 31,433. 3) Terdapat pengaruh interaktif yang signifikan model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep Matematika. Hal ini dibuktikan oleh perolehan nilai Sig.-kelompok A*B (0,031) < 0,05 dengan nilai Fhitung = 4,829.

 

Keywords: model pembelajaran, motivasi belajar, pemahaman konsep matematika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.