PENGARUH KEBIASAAN DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA
(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh kebiasaan dan kedisiplinan belajar terhadap pemahaman konsep matematika 2) pengaruh kebiasaan belajar terhadap pemahaman konsep matematika 3) pengaruh kedisiplinan belajar terhadap pemahaman konsep matematika. Penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda dengan teknik korelasional regresi linier berganda. Penelitian ini dilakukan pada SMA Negeri di Kabupaten Sukabumi dengan jumlah sampel 89 siswa. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh kebiasaan dan kedisiplinan belajar terhadap pemahaman konsep matematika. Terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap pemahaman konsep matematika. Dan terdapat pengaruh kedisiplinan belajar terhadap pemahaman konsep matematika.
This research aims to determine 1) the influence of learning habits and discipline on understanding mathematical concepts 2) the influence of study habits on understanding mathematical concepts 3) the influence of learning discipline on understanding mathematical concepts. This research uses multiple linear regression methods with multiple linear regression correlational techniques. This research was conducted at Sukabumi Regency State High School with a sample size of 89 students. From this research it can be seen that there is an influence of learning habits and discipline on understanding mathematical concepts. There is an influence of study habits on understanding mathematical concepts. And there is an influence of learning discipline on understanding mathematical concepts.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pasca Sarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. |