Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua dan Rasa Ingin Tahu terhadap Literasi Sains
(1) Universitas Indra Prasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Indra Prasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
References
Adnan. K., Amin, M., Niar, F. (2022). Dukungan Orang Tua dalam Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar. 2(2), 228-234. From : https://ojs.unm.ac.id/jppsd/index
Adzkia, M. (2016). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Fisika terhadap Kemampuan Literasi Sains. Jurnal Pendidikan STKIP Kusuma Negara. 8 (1), 1-10. From : https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/jip/article/view/58
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendeketan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Ariyani, W., & Satwika, Y.W., (2022). Hubungan antara Persepsi Dukungan Sosial Orang Tua dengan Kemandirian Belajar Siswa SMA di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Psikologi. 9 (1), 126-135. From : https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/44859
Asmoro, B. P., Mukti, F.D. (2019). Peningkatan Rasa Ingin Tahu Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Model Contextual Teaching and Learning Pada Siswa Kelas V A Sekolah Dasar Negeri Karangroti 02. Jurnal Abdau : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 115-142. p-ISSN 2622-3902.
Dianto, M. (2017). Profil Dukungan Sosial Orang Tua Siswa di SMP Negeri Kecamatan Batang Kapas Pesisir Selatan. Jurnal Counseling Care. 1 (1), 42-51. From : http://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/counseling
Grindal, T. & Silander, M. (2018). Want Scientifically Literate Students? Start with Their Parents. Brookings Edu. Retrieved July 13, 2023, from : https://www.brookings.edu
Hariadi, E. (2009). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Sains Siswa Indonesia Berusia 15 Tahun. Jurnal Pendidikan Dasar. 10 (1), 29-43. From: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal_dikdas/article/view/7212
Indrawan, R., & Yaniawati, P. (2016). Metodologi Penelitian. Bandung: PT. Refika Aditama.
Iwasaki, S., Moriguchi, Y., & Sekiyama, K., (2023). Parental Responsiveness and Childrens Trait Epistemic Curiosity. Frontiers in Psychology. 13 (13), 1-9. DOI : https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.1075489
Mohanty, A., Pradhan, R.K., & Jena, L.K. (2015). Curiosity and Meaning of life leading towards Personal Growth: The role of Emotional Intelligence. Journal of the Indian Academy of Applied Psychology. 41(2), 1-9. From https://www.researchgate.net
Muhammad, S.N., Listiani, L., & Adhani, A. (2018). Hubungan antara literasi sains dan rasa ingin tahu siswa pada materi ekosistem. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA. 5(2), 112116. DOI : https://doi.org/10.30738/natural.v5i2.2935
Mulyani & Jamilus, (2021). Pengembangan Pendidik Sebagai Sumber Daya Manusia di Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 3 (4), 1170-1176. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.519
Noviyanto, T. S. H. , Sumaryoto & Ibrahim, S. (2021). Pengaruh Rasa Ingin Tahu Dan Percaya Diri Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Menengah Atas Di Kota Tangerang Selatan. JPSP : Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan. 1(2), 143-150. From : https://ejournal.iainpalangkaraya.ac.id/index.php/mipa/
Nugraha, D.M.D.P., (2022). Hubungan Kemampuan Literasi dengan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Journal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar. 5 (2), 153-158. 10.31764/elementary.v1i2.549
OECD (2019), PISA 2018 Assessment and Analytical Framework, PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/b25efab8-en.
OECD. (2019). PISA 2018 Results : Combined Executive Summaries Vol I,II, & III. Diakses dari Combined_Executive_Summaries_PISA_2018.pdf
Priyatno, D., (2010). Paham Analisa Statistik Data Dengan SPSS. Yogyakarta : Mediakom.
Putrie, C.A.R., & Fauzia, M. (2019). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Angkasa Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi. 9 (2), 177-182. DOI: https://doi.org/10.24036/011068980
Reio, T. G. (2010). Adolescent education: A reader. New York, NY: Peter Lang
Sarafino, E. P., & Smith, T.W. (2011). Health Psychology Biopsychosocial Interactions 7th Edition. New York : John Wiley & Sons, Inc
Sari, A., & Sumiati, A., (2016). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Efikasi Diri pada SIswa Kelas X Akuntansi di SMK Bina Pangudi Luhur Jakarta. Jurnal Ilmiah Econosains. 14 (2), 126 -138. 10.21009/econosains.014.2.2
Sarwono, J, (2011). Mengenal Path Analysis : Sejarah, Pengertian dan Aplikasi. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis. 11(2), 285 296. From : https://www.academia.edu/download/79793611/98454-ID-mengenal-path-analysis-sejarah-pengertia.pdf
Supardi, (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Konsep Statistika Yang Leboh Komprehensif. Jakarta : Change Publication
Turiman, P., Omar, J., Daus, A. M., Osman, K. (2016).Fostering the 21st Century Skills through Scientific Literacy and Science Process Skills. Journal of Social and Behaviorial Science. 59 (22) 110-116. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.253
Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas. 3(2), 21-28. DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
Yuliya, (2019). Hubungan Antara Dukungan Orangtua dengan Motivasu Belajar pada Remaja. Psikoborneo : Jurnal Ilmiah Psikologi. 7(2), 250-256. DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i2.4780
Refbacks
- There are currently no refbacks.




