PENGARUH PERSEPSI ATAS MEDIA PEMBELAJARAN DAN RESILIENSI MATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI DI JAKARTA UTARA
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa atas media pembelajaran dan resiliensi matematika secara bersama-sama terhadap pemahaman konsep matematika. 2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa atas media pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematika. 3) Untuk mengetahui pengaruh resiliensi matematika terhadap pemahaman konsep matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survey penjelasan (explanatory survey method) dengan pendekatan kuantatif melalui metode korelasional. Sampel diambil 80 orang siswa, teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan teknik sampel sistematis. Hasil penelitian: (1). Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa atas media pembelajaran dan resiliensi matematika secara bersama-sama terhadap pemahaman konsep matematika. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung =87,531 > Ftabel = 3.12, dan sig = 0.000 < 0.05. Variabel persepsi siswa atas media pembelajaran dan resiliensi matematika secara bersama-sama terhadap pemahaman konsep matematika sebesar 69,5%. (1) Terdapat pengaruh yang signifikan variabel bebas X1 (persepsi siswa atas media pembelajaran) terhadap variabel terikat Y (pemahaman konsep matematika). Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung = 3.041 > ttabel = 1,665, dan nilai sig =0.001 < 0.05. Berdasarkan hal ini bahwa semakin tinggi persepsi siswa atas media pembelajaran maka semakin tinggi pula pemahaman konsep matematika. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan variabel bebas X2 (resiliensi matematika) terhadap variabel terikat Y (pemahaman konsep matematika). Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung = 7,308 > ttabel = 1,665 dan nilai sig =0,000 < 0.05. Berdasarkan hal ini bahwa semakin tinggi resiliensi matematika maka semakin tinggi pula pemahaman konsep matematika
Kata Kunci : persepsi atas media pembelajaran, resiliensi matematika, pemahaman konsep matematika
References
Abdurrahman, M. (2012). Anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Achmadi, H., Suharno, & Suryani, N. (2014). Penerapan model assure dengan menggunakan media power point dalam pembelajaran bahasa inggris sebagai usaha peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X MAN Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 3548. http://jurnal.fkip.uns.ac.id
Afriani, R., Setiyani, R., & Artikel, I. (2015). Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kejuruan, penguasaan soft skill, dan kematangan karir terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 2 Magelang tahun ajaran 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(2), 453468.
Amaliyah, S. I. (2017). Pengembangan indikator 4 Cs yang selaras dengan kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika SMP/MTs kelas IX semester 1. Skripsi, 1264. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83021.
Ambarwati, L. H., Setiawan, I., Akbar, P., & Afrilianto, M. (2018). Relasi antara kemampuan pemahaman matematik siswa smp dengan metode pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here. Journal On Education, 01(02), 297308.
Andriana, I. (2016). Pengaruh efikasi diri dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah metematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 539548.
Ansori, A., & Hindriyanto, Y. (2020). Analisis kemampuan koneksi ditinjau berdasar pada kemampuan resiliensi matematis. Jkpm, 5(2), 253262.
Anzar, Z., Arvyaty, A., Busnawir, B., & Fahinu, F. (2019). Pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 43. https://doi.org/10.36709/jpm.v10i1.5643.
Arisana, A. L., & Ismani, I. (2012). Pengaruh kedisiplinan siswa dan persepsi siswa tentang kualitas mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS MAN Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 2242. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.911.
Bangun, D. (2012). Hubungan persepsi siswa tentang perhatian orang tua, kelengkapan fasilitas belajar, dan penggunaan waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar ekonomi. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 5(1), 7494. https://doi.org/10.21831/jep.v5i1.604.
Bhayangkari, M., & Kholifaturohmah, S. (2019). Pemanfaatan pot matematika ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 167174.
Dwiningsih, K., Sukarmin, Nf., Muchlis, Nf., & Rahma, P. T. (2018). Pengembangan media pembelajaran kimia menggunakan media laboratorium virtual berdasarkan paradigma pembelajaran di era global. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 156176. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p156--176.
Endriani, R., Sundaryono, A., & Elvia, R. (2018). Pengembangan media pembelajaran kimia menggunakan video untuk mengukur kemampuan berfikir kritis siswa. PENDIPA Journal of Science Education, 2(2), 142 146. https://doi.org/10.33369/pendipa.2.2.142-146.
Fariah & Leonard. (2017). Pengaruh frekuensi pemberian tes formatif terhadap hasil belajar matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 589-598
Febriana, R., Putri, G. E., Studi, P., & Matematika, P. (2020). Pengaruh self- efficacy terhadap pemahaman konsep matematika dengan menerapkan model discovery learning pada siswa kelas XI MIA 1 SMA N 5 the effect of self-efficacy on understanding mathematical concepts by applying the discovery learning model to XI MIA . 10(April).
Gani, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran dan persepsi tentang matematika terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa smp negeri di kecamatan salomekko kabupaten bone. Jurnal Daya Matematis, 3(3), 337. https://doi.org/10.26858/jds.v3i3.1700.
Harliana, I., K, A. H., & Mursid, R. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran kimia SMK. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(2), 166181. https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i2.12596.
Jupri, A., Drijvers, P., & Van den Heuvel-Panhuizen, M. (2014). Student difficulties in solving equations from an operational and a structural perspective. International Electronic Journal of Mathematics Education, 9(12), 3955.
Kania, N. (2020). Aplikasi macromedia flash untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 96109. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2872.
Kennedy, E., & Smolinsky, L. (2016). Math circles: A tool for promoting engagement among middle school minority males. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(4), 717732. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1223a.
Kilpatrick, J. (2009). From the common core to a community of all mathematics teachers. The Mathematics Educator, 3(2), 107121.
Kim, M. K., & Cho, M. K. (2016). Pre-Service elementary teachers motivation and Ill-Structured problem solving in korea. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(6), 15691587. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1246a.
Latief, S., & Jamil, D. (2017). Pengaruh motivasi berprestasi dan persepsi siswa tentang cara guru mengajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 212223.
Leonard. (2012). Level of appreciation , self concept and positive thinking on mathematics learning achievement. The Intenational Journal of Social Sciences, 6(1), 1017.
Leonard. (2015). Kompetensi tenaga pendidik di Indonesia : analisis dampak rendahnya kualitas sdm guru dan solusi perbaikannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 192201. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/70/68.
Leonard, & Supriyanti, S. K. (2011). Peran belajar matematika terhadap konsistensi diri siswa ( survei terhadap siswa-siswi SMA di kabupaten karawang tahun 2010 / 2011 ). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(2), 153161. http://lppmunindra.blogspot.com/2013/07/peran- belajar-matematika-terhadap.html.
Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis hubungan resiliensi matematik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi lingkaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 819826.
Mink, D. V., & Fraser, B. J. (2005). Evaluation of A K-5 mathematics program which integrates childrens literature: Classroom environment and attitudes. International Journal of Science and Mathematics Education, 3(1), 5985. https://doi.org/10.1007/s10763-004-2975-0.
Nugroho, H. A. (2017). Pengaruh penerapan sikap kerja 5s terhadap hasil belajar praktik siswa pada mata pelajaran perawatan sasis dan pemindah tenaga (PSPT) kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Salatiga. Jurnal Teknik, 160.
Pranata, E. (2016). Implementasi model pembelajaran group investigation ( GI ) berbantuan alat peraga untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika. Jurnal.
Purwanto, C. (2016). Analisis kesulitan mahasiswa dalam memahami grafik pada perkuliahan fisika dasar jurusan fisika universitas negeri semarang. Jurnal Fisika, 173.
Rafita, A. A., & Suryanti, S. (2020). Pengaruh pendekatan metaphorical thinking terhadap pemahaman konsep matematika distance. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 7787. http://journal.umg.ac.id/index.php/postulat/article/download/1777/1178.
Ratmono, D. (2017). Konsep dan perencanaan pojok baca ombudsman dalam meningkatkan minat baca dan pengetahuan masyarakat di indonesia terhadap ombudsman RI. 3041.
Ratnasari, M. (2013). Pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Depok Tahun Ajaran. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2 No 1, 208225.
Riyaningsih, M. (2016). Meningkatkan pemahaman konsep dan keaktifan belajar matematika melalui pendekatan pembelajaran superitem secara kooperatif. 3338.
Rosita, I. T. A., & Leonard. (2015). Meningkatkan kerja sama siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Jurnal formatif, 3(1), 110.
Sari, K. (2019). Resiliensi matematis pada pembelajaran discovery learning dalam upaya meningkatkan komunikasi matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 862868.
Scharfstein, M., & Gaurf. (2014). Pengembangan media pembelajaran kimia pada materi elektrokimia untuk kelas xii sma n 8 kota jambi dengan menggunakan software prezi. Journal of Chemical Information and Modeling, 6(1), 1322. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Shadiq, H. (2014). Cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sriwilujeng, D. (2017). Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Erlangga. Hal 24.
Suciati, I. (2019). Penggunaan metode satu gambar, seribu kata pada materi segi empat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 916.
Sugiyono, P. D. (2016). Persepsi siswa tentang kegiatan praktikum biologi di laboratorium SMA Negeri Kota Jambi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 16891699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Trinchero, R., & Sala, G. (2016). Chess training and mathematical problem- solving: The role of teaching heuristics in transfer of learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(3), 655 668. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1255a.
Widiati, I. (2015). Mengembangkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama melalui pembelajaran kontekstual. Pengajaran MIPA, 20(2), 106111. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.571.
Wijaya, A., van den Heuvel-Panhuizen, M., & Doorman, M. (2015). Opportunity- to-learn context-based tasks provided by mathematics textbooks. Educational Studies in Mathematics, 89(1), 4165. https://doi.org/10.1007/s10649-015-9595-1.
Wiyanti, & Leonard. (2014). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 611623.
Zanthy, L. S. (2018). Kontribusi resiliensi matematis terhadap kemampuan akademik mahasiswa pada mata kuliah statistika matematika. Jurnal Mosharafa, 7(1), 8594.
Refbacks
- There are currently no refbacks.




