Analisis Kegagalan Katup Buang pada Mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD)

Ridwan Usman(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Analisis kegagalan katup buang (exhaustvalve) pada mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dipengaruhi oleh bahan bakar akibat proses pembakaran tidak sempurna, pembebanan termal, peningkatan panas berlebih (overheated) dan kelelahan material yang terjadi pada daerah permukaan piringan katup berupa retakan, patahan serta pengendapan deposite. Untuk melakukan analisis ini berdasarkan fakta yang ditemukan penyebab kerusakan beberapa pengujian dilakukan seperti komposisi kimia, fraktografi, metalografi, analisis kualitatif deposit patahan dengan SEM dan EDX. Analisis komposisi kimia unsur pada material dasar katup (valve) terbuat dari baja Martensitic. Paduan katup terdapat Cr-Si sudah sesuai untuk material katup dengan fungsi unsur Si untuk menahan aus dan meningkatkan ketahanan korosi, sedangkan penambahan Cr untuk meningkatkan kekuatan pada temperatur tinggi dan ketahanan korosi. Adanya perbedaan kekerasan yang cukup signifikan antara lapisan dan material dasar katup.


Keywords


Katup buang,analisis pengujian material

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Hetharia, M. (2012). Analisa Pengaruh Kapasitas Udara untuk Campuran Bahan Bakar Terhadap Prestasi Mesin Diesel. ARIKA, Vol.06, No.1 ISSN : 1978 – 1105.

Materialcerdas.(2009). Teori-dasar-scanning-electron-microscopy. Diakses dari

www.google. com/ wordpress.com /https://materialcerdas

T Becker William and J. Shipley Roch.(2002). Failure Analysis and Prevention. ASM Handbook Committee.Volume 10.

Yildiz, (2010). Investigation of exhaust valve failure in heavy – duty diesel engine. Guzi University Journal of Science GUJ Sci. 23 (4): 493-499.

Yuvraj K lavhale. (2014). Overview of Failure Trend of Inlet & Exhaust Valve. IJMET Volume 5, Issue 3, March,pp.104-113.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/string.v1i1.974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi)

 

STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi) indexed by:



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats

Flag Counter