Automation Testing Tool dalam Pengujian Aplikasi Belajar Tajwid pada Platform Android

Herlinda Herlinda(1*), Dona Katarina(2), Erlin Windia Ambarsari, M.Kom.(3)

(1) (Scopus ID: 56242503900) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tidak seperti pada Black Box Testing yang biasanya dilakukan secara manual, maka di dalam penelitian ini menggunakan automation testing tool, yaitu Katalon. Katalon digunakan untuk pengujian dengan menggunakan test case. Test case ini dilakukan dengan cara melakukan record dan playback, berarti perlu merekam setiap respon dalam satu event pada aplikasi yang digunakan. Tujuannya adalah untuk menganalisis efektivitas aplikasi yang sudah dibangun, yang kemudian apakah Automation Testing Tool Katalon berdaya guna dibandingkan pengujian manual. Oleh karena itu, akan dapat diketahui kekurangan dari penggunaan Katalon terutama pada aplikasi Android. Langkah-langkah yang dilakukan dalam pengujian aplikasi tajwid adalah Merekam test case dengan perangkat mobile, mengkonfigurasi dan merekam langkah pengujian mobile, menjalankan hasil test case, dan melihat log eksekusi. Dari penelitian didapatkan terjadi tiga kesalahan didalam aplikasi, diantaranya ketidaksesuai ukuran layar dalam mode landscape, terdapatnya kegagalan eksekusi dikarenakan Katalon tidak dapat mendeteksi objek yang tidak masuk dalam tangkap layar Device View, dan objek suara yang tidak berhenti jika sudah pindah halaman layar.            


Keywords


Black Box Testing; Katalon; Android; Test Case;

Full Text:

PDF

References


N. F. Azhar and S. Rochimah, “Memprediksi Waktu Memperbaiki Bug dari Laporan Bug Menggunakan Klasifikasi Random Forest,” J. Sist. Dan Inform., vol. 11, no. 1, pp. 156–164, 2016.

N. Kustian, “PENGGUNAAN MODEL WATERFALL DALAM PEMBUATAN APLIKASI PEMESANAN TIKET BUS,” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 4, no. 1, pp. 94–104, 2019.

M. K. MZ, “Pengujian perangkat Lunak metode Black box berbasis partitions pada aplikasi sistem informasi di sekolah,” J. Mikrotik, vol. 6, no. 3, pp. 2–16, 2016.

K. Saravanan and E. P. C. Prasad, “Open Source Software Test Automation Tools: A Competitive Necessity,” Sch. Int. J. Manag. Dev. ISSN 2394-3378, vol. 3, no. 6, pp. 103–110, 2016.

W. N. Cholifah, Y. Yulianingsih, and S. M. Sagita, “Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap,” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 206–210, 2018.

M. M. Muhtadi, M. D. Friyadi, and A. Rahmani, “Analisis GUI Testing pada Aplikasi E-Commerce menggunakan Katalon,” Pros. Ind. Res. Work. Natl. Semin., vol. 10, no. 1, pp. 1387–1393, 2019.

D. Kusumawati, “Perancangan Aplikasi Pengenalan Cara Membaca Tajwid Menggunakan Android Studio Dengan Metode SDLC,” Universitas Indraprasta PGRI, 2018.

Katalon Team, “Android setup on Windows | Katalon Docs.” [Online]. Available: https://docs.katalon.com/katalon-studio/videos/android_setup_windows.html. [Accessed: 23-Nov-2019].

Katalon Team, “Record Mobile Utility | Katalon Docs.” [Online]. Available: https://docs.katalon.com/katalon-studio/docs/record-mobile-utility.html. [Accessed: 24-Nov-2019].




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/string.v4i2.5285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Erlin Windia Ambarsari, M.Kom.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi) indexed by:



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats

Flag Counter