Analisis Viskositas, Massa Jenis, dan Kekeruhan Minyak Goreng Curah Bekas Pakai

Fita Widiyatun(1*), Noni Selvia(2), Nurfidah Dwitiyanti(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Minyak goreng merupakan salah satu bahan yang sering digunakan untuk memasak. Hal yang umum terjadi dimasyatakat adalah penggunaan minyak goreng untuk beberapa kali proses penggorengan. Nilai kualitas dari minyak goreng yang telah digunakan untuk menggoreng, maupun sebelum digunakan tentunya berbeda. Terlebih lagi untuk minyak goreng curah. Karena hal tersebut, dilakukan penelitian tentang analisis minyak goreng curah habis pakai. Minyak goreng curah digunakan untuk menggoreng tempe dan ikan teri sebanyak 1 kali, 2 kali, dan 3 kali penggorengan. Minyak tersebut kemudian dianalisis dengan mengukur kekentalan, massa jenis, dan kekeruhan. Hasil yang diperoleh dari penelitian diketahui bahwa nilai pengukuran secara kuantitas pada parameter kekeruhan dan viskositas mempunyai nilai yang berbeda. Sedangkan pada pengukuran massa jenis, memiliki nilai yang hampir sama, hanya berbeda pada minyak goreng 1 kali penggorengan.

Keywords


viskositas; massa jenis; kekeruhan

Full Text:

PDF

References


Aminah, siti. 2010. Bilangan peroksida minyak goreng curah dan sifat organoleptik tempe pada pengulangan penggorengan. Jurnal Pangan dan Gizi Vol 01 No 01.

Aminah, S., dan Isworo, J. T. 2010. Praktek penggorengan dan mutu minyak goreng sisa pada rumah tangga di RT V RW III Kedungmundu Tembalang Semarang. Prosiding Seminar Nasional Unimus hal. 261-267.

Aziz, T., Shabrina, D., & Novia Pratiwi, Rinny. 2016. Penurunan Kadar FFA dan Warna Minyak Jelantah Menggunakan Absorben dari Biji Kurma dan Kulit Salak. Jurnal Teknik Kimia Vol. 22 No. 1.

Martianto, D., Marliyati, S. A., dan Arafah, A. A. 2009. Retensi vitamin A pada minyak goreng curah yang difortifikasi vitamin A dan produk gorengannya. J. Teknol. dan Industri Pangan Vol XX No. 2.

Sutiah, S., Firdausi, K. S., & Budi, W. S. (2008). Studi kualitas minyak goreng dengan parameter viskositas dan indeks bias. Berkala Fisika, 11(2), 53-58.

Warsito, Ahmad Pauzi, G., & Jannah, Miftahul. 2013. Analisis Pengaruh Massa Jenis Terhadap Kualitas Minyak Goreng Kelapa Sawit Menggunakan Alat Ukur Massa Jenis dan Akuisisinya pada Komputer. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung.

Young, Hugh D., & Freedman, Roger A. 2002. Fisika Universitas. Jakarta : Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/string.v4i1.3348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fita Widiyatun, Noni Selvia, nurfidah dwitiyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi) indexed by:



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats

Flag Counter