Optimalisasi Produksi Tahu Menggunakan Metode Branch and Bound dan Cutting Plane

Fatimah Khilaliyah Azzahrha(1), Rianita Puspa Sari(2*), Muhamad Dhika Rahma Fauzi(3)

(1) Universitas Singaperbangsa Karawang
(2) Universitas Singaperbangsa Karawang
(3) Universitas Singaperbangsa Karawang
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan alokasi sumber daya pada proses produksi merupakan hal penting yang perlu diperhatikan untuk mencapai tingkat produksi optimal. Permasalahan optimalisasi produksi masih menjadi kendala bagi sebagian besar usaha yang bergerak di bidang makanan. Salah satunya, Pabrik Tahu Pak Yayat yang memproduksi dua jenis tahu, yaitu tahu putih dan tahu kuning. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan jumlah produksi tahu melalui alokasi sumber daya yang tepat untuk mencapai keuntungan usaha yang maksimum. Metode yang digunakan adalah metode branch and bound dan cutting plane. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Hasil penelitian metode branch and bound diperoleh kombinasi produksi 36 papan tahu putih dan 75 papan tahu kuning yang memberikan keuntungan maksimum Rp.1.872.000,00. Sedangkan metode cutting plane diperoleh hasil kombinasi produk 37 papan tahu putih dan 75 papan tahu kuning dengan keuntungan Rp.1.886.500,00. Dapat disimpulkan bahwa metode cutting plane memberikan hasil yang optimal dengan keuntungan yang maksimum dibandingkan branch and bound. Pada penelitian ini, software lingo digunakan untuk mempermudah proses pengolahan data serta membandingkan hasil perhitungan antara manual dan software untuk menghindari kesalahan perhitungan.


Keywords


Branch and Bound; Cutting Plane; Purposive Sampling; Lingo

Full Text:

PDF

References


Sri Adiningsih, Ekonomi Mikro. Yogyakarta: BPFEYogyakarta, 1999.

Raudhatul Jannah A.M, Arnellis, and Riry Sriningsih, "Optimasi Hasil Produksi Tahu dan Tempe dengan Metode Branch and Bound dan Metode Cutting Plane," Journal of Mathematics UNP, vol. III, no. 1, pp. 42 - 47, 2018.

Nico, Iryanto, and Gim Tarigan, "Aplikasi Metode Cutting Plane Dalam Optimisasi Jumlah Produksi Tahunan di PT. XYZ," Saintia Matematika, vol. II, no. 2, pp. 127 - 136, 2014.

Sari Devi Purba and Faiz Ahyaningsih, "Integer Programming Dengan Metode Branch and Bound Dalam Optimasi Jumlah Produksi Setiap Jenis Roti Pada PT. Arma Anugerah Abadi," KARISMATIKA, vol. VI, no. 3, pp. 20 - 29, 2020.

Sri Basriati, "Integer Linear Programming Dengan Pendekatan Metode Cutting Plane dan Branch and Bound Untuk Optimasi Produksi Tahu," Jurnal Sains Matematika dan Statistika, vol. IV, no. 2, pp. 95 - 104, 2018.

Intan Syahrini, Radhiah, and Faizah Amalina, "Mengoptimalkan Keuntungan Produksi Dengan Menggunakan Metode Branch And Bound Dan Metode Cutting Plane," in Seminar Nasional Matematika dan Terapan, Aceh, 2019.

Aminudin, Prinsip-prinsip Riset Operasi, Lemeda Simarmata, Ed. Jakarta, Indonesia: Erlangga, 2005.

Astuti Meflinda and Mahyarni, Operation Research (Riset Operasi). Pekanbaru, Indonesia: UR PRESS Pekanbaru, 2011.

Siswanto, Operation Reasearch. Jakarta, Indonesia : Erlangga, 2007.

Sri S Supatimah, Farida, and Siska Andriani, "Optimasi Keuntungan dengan Metode Branch and Bound," AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, vol. X, no. 1, pp. 13-23, Juli 2019.

Wahyudin Nur and Nurul M Abdal, "Penggunaan Metode Branch and Bound dan Gomory Cut dalam Menentukan Solusi Integer Linear Programming," Jurnal Saintifik, vol. II, no. 1, pp. 9-15, Januari 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/string.v6i2.10821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fatimah Khilaliyah Azzahrha, Rianita Puspa Sari, Muhamad Dhika Rahma Fauzi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi) indexed by:



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats

Flag Counter