Perancangan Board Game sebagai Media Penunjang untuk Meningkatkan Minat Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Penggalang Siswa Sekolah Dasar

Rahmat Kurniawan(1*), Abdu Gofar Razaq(2), Evy Poerbaningtyas(3)

(1) Stiki Malang
(2) Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia Malang
(3) Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Pramuka adalah sebuah kegiatan pembentukan kedisiplinan, akhlak, watak, dan pembinaan mental dengan proses pembelajaran di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga yang dikemas secara menarik dan menyenangkan yang dilakukan di alam terbuka. Materi pembelajaran pramuka terdapat dua macam, yaitu pembelajaran pengetahuan dan pembelajaran teknik kepramukaan. Saat pembelajaran, terdapat siswa yang mampu menangkap materi dengan mudah dan ada yang sulit dalam menangkap materi. Maka dari itu diharapkan siswa yang mampu menangkap materi yang diajarkan bisa mengajarkan kepada siswa yang belum mampu menangkap materi yang diajarkan. Hasil observasi menunjukkan terdapat sedikit siswa yang kurang minat dalam mengikuti kegiatan pramuka dengan ditunjukkan sikap yang kurang perhatian terhadap materi yang disampaikan. Dengan masalah tersebut, maka peneliti membuat media penunjang melalui board game yang berjudul “Pramuka Adventure”. Permainan ini dibuat dengan mengacu pada buku saku pramuka. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa wawancara kepada pembina pramuka, membagikan kuesioner kepada siswa sekolah dasar kelas 5 dan 6 dan observasi dengan hadir langsung di lapangan

Keywords


board game; pramuka; penggalang; sekolah dasar; permainan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Burhaein, Erick. 2017. "Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD." Indonesian Journal of Primary Education 1 (1): 51-58. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7497.

Elianta, Peter, Jasson Prestiliano, and T Arie Setiawan. 2019. "Perancangan Board Game sebagai Media Pembelajaran Keselamatan Berkendara untuk Remaja dengan Mekanik Dice Rolling." International Journal of Natural Science and Engineering 2 (3): 80-91. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJNSE/article/view/17186.

Firmansyah, Zuli Agus. 2014. Panduan Resmi Pramuka. Jakarta: WahyuMedia.

Jatmika, Herka Maya. 2005. "Pemanfaatan Media Visual dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar." Jurnal pendidikan jasmani indonesia 3 (1). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/6176.

Jordi, Dede, Dini Faisal, and San Ahdi. 2017. "Perancangan Board Game Edukatif Tentang Peduli Lingkungan Untuk Anak Usia 7-12 Tahun." DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual 6 (1): 1-20. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/dkv/article/view/8372.

Maharsi, Indiria. 2016. Ilustrasi. Dwi - Quantum.

Mubarok, Mufti. 2008. BCM: Rahasia Cerdas Belajar Sambil Bermain. Surabaya: Java Pustaka.

Nugroho, Eko. 2018. Prinsip-prinsip Menyusun Kuesioner. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Rahman, Ridwan Arif, and Dewi Tresnawati. 2016. "Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia." Jurnal Algoritma 13 (1): 184-190. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.13-1.184.

Sanyoto, Sadjiman Ebdi. 2006. Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. Yogyakarta: Dimensi Press.

Soedarso, Nick. 2014. "Perancangan Buku Ilustrasi Perjalanan Mahapatih Gajah Mada." Humaniora 5 (2): 561-570. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3113.

Sugianto, Vincent Jonathan, WH Prayanto, and Hen Dian Yudani. 2015. "Perancangan Board Game Mengenai Bahaya Radiasi Gadget Terhadap Anak." Jurnal DKV Adiwarna 1 (6): 1-15. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/3173.

Yusup, Jaenudin, and Tini Rustini. 2016. Panduan Wajib Pramuka Superlengkap. Bmedia.

Ziz, Rizal. 2015. "Yuk Belajar Membuat Board Game: Mengenal Genre Board Game!". Accessed 6 Desember 2019. https://boardgame.id/yuk-belajar-membuat-board-game-mengenal-genre-board-game/.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v8i2.8166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 rahmat kurniawan, Abdu Gofar Razaq, Evy Poerbaningtyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics