DESAIN “TAKE ME OUT INDONESIA” DAN ENTITAS BUDAYA MASYARAKAT URBAN

Winny Gunarti Widya Wardani(1*)

(1) Pusat Penelitian Bidang Bahasa dan Seni Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Desain tayangan televisi dapat dikaji sebagai suatu wacana visual. Take Me Out Indonesia yang disiarkan televisi swasta Indosiar sejak tahun 2009 hingga memasuki musim keempatnya di tahun 2014 adalah salah satu contoh produk tontonan yang memiliki aspek-aspek di dalam analisis wacana. Makalah ini mencoba mengkaji, bagaimana desain tayangan Take Me Out Indonesia membentuk sebuah entitas budaya masyarakat urban yang kerap disebut sebagai masyarakat modern. Kajian ini diharapkan dapat menunjukkan relasi visual di dalam desain tayangan dengan entitas yang membawa pesan. Analisis wacana visual secara deskriptif kualitatif mendeskripsikan pengetahuan dan relasi visual di dalam desain dengan menggunakan pendekatan budaya visual dan psikologi humanistik. Keseluruhannya itu membentuk entitas budaya masyarakat urban, yaitu masyarakat yang teratomisasi dan membutuhkan bantuan media massa untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan sosialnya sebagai manusia.




Keywords


desain; entitas; masyarakat urban

Full Text:

PDF

References


Eriyanto. 2009. Analisis Wacana, pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKis.

Foucault, Michel, Couteau Jean, Ed. 1997. Sejarah Seksualitas: Seks dan Kekuasaan. Jakarta: PT. Gramedia pustaka Utama.

Mintargo, Bambang S. 1997. Tinjauan Manusia dan Nilai Budaya, Cetakan ke-2. Jakarta: Penerbit Universitas Trisakti.

Peursen, Van, C.A., Prof. Dr. 1976. Strategi Kebudayaan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Ralph, Paul & Wand, Yair. 2011. A Proposal For A Formal Definition of The Design Concept. Sauder School of Business, University of British Columbia, Canada, http://paulralph.name/wp-content/uploads/2011/01/Ralph-and-Wand-A-Proposal-for-a-Formal-Definition-of-the-Design-Concept.pdf.

Thwaites, Tony, Davis, Lloyd and Mules, Warwick. 1994. Tools For Cultural Studies:an Introduction, First Edition. South Melbourne: MacMillan Education Australia.

Strinati, Dominic. 2004. Popular Culture Pengantar Menuju Budaya Populer. Yogyakarta: Bentang

Media Research, AGB Nielsen. Kepemirsaan Televisi Turun Saat Mudik?, Newsletter, Edisi Ke-37, September 2009. http://www.agbnielsen.com/Uploads/Indonesia/AGBNielsenNewsletterSeptInd09.pdf, diakses 5 Januari 2014.

http://www.takemeoutindonesia.com/gallery-photo.php?perpage=20&page=1 dan

http://www.takemeoutindonesia.com/gallery-photo.php?perpage=20&page=3, diakses 5 Januari 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v2i01.569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Winny Gunarti Widya Wardani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics