Representasi kesegaran rasa buah dalam visualisasi TVC Djarum 76 Mangga edisi Juli 2023

Yoga Rarasto Putra(1*), Lyscha Novitasari(2), Firdaus Azwar Ersyad(3)

(1) Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan
(2) Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan
(3) Universitas Telkom
(*) Corresponding Author

Abstract


TVC (Television Commerce) merupakan salah satu media branding produk berbentuk iklan televisi yang populer sejak dulu. Iklan berbasis audio visual kini makin berkembang memanfaatkan berbagai platform media sosial, guna menjangkau audiens yang lebih luas. TVC Djarum 76 Mangga turut memanfaatkan tren media sosial YouTube untuk menyiarkan dan mengkomunikasikan pesan iklannya. Djarum 76 Mangga sebagai produk rokok, memiliki ciri khas yang berbeda dengan TVC-TVC Djarum 76 sebelumnya, dengan mengeksplorasi visual buah mangga ranum serta beragam cara menikmatinya. Pada dasarnya, aturan yang ketat tentang promosi produk tembakau membatasi iklan pada sisi visualisasinya. Hal ini membuat lebih banyak iklan rokok berusaha menonjolkan citra produk melalui penggunaan simbol-simbol yang dekat dengan gaya hidup masyarakat terutama kaum laki-laki. Melalui pendekatan teori representasi Stuart Hall, proses sirkulasi atau pertukaran makna terjadi antara visual iklan dan khalayak sebagai pembaca iklan. Hasil dari proses ini kemudian dianalisis secara kualitatif untuk mendeskripsikan visualisasi pesan yang dapat dipahami dan diinterpretasikan dalam konteks sosial budaya masyarakat berdasarkan elemen-elemen visual iklan. Dari proses tersebut dapat dilihat bahwa sebagian besar khalayak melihat visualisasi iklan Djarum 76 Mangga tampak lebih segar dengan menghadirkan banyak pemeran anak muda, kostum dan latar yang berwarna-warni, serta kenikmatan dari berbagai cara dalam menikmati buah mangga. Kesegaran buah mangga yang diperlihatkan merupakan upaya simbolik dari produsen untuk mengekspos citra dari rasa yang ditawarkan. Penelitian ini bermaksud untuk melihat bagaimana respon dan persepsi masyarakat terhadap visual TVC Djarum 76 Mangga sebagai gambaran terhadap TVC-TVC lainnya dengan konsep sejenis.

Keywords


Representasi; Iklan Televisi; Djarum 76; Mangga

Full Text:

PDF

References


Adyas, D., & Khairani, A. (2019). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Pesan Iklan dan Frekuensi Penayangan Iklan Terhadap Efektivitas Iklan TV Tokopedia. JRB (Jurnal Riset Bisnis), 2(2), 95–101. https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/jrb/article/view/402/288

Afrianto, D. T., & Santiko, P. B. (2020). The Dramatic Structure of Tourism Advertisement “Wonderful Indonesia Episode Toraja-Makassar.” Capture: Jurnal Seni Media Rekam, 11(2), 217–231. https://doi.org/10.33153/capture.v11i2.3011

Ambar. (2018, April 17). 8 Teori Representasi dalam Komunikasi Visual – Konsep dan Macamnya. pakarkomunikasi.com. https://pakarkomunikasi.com/teori-representasi-dalam-komunikasi-visual

Ersyad, F. A., & Putra, Y. R. (2016). Iklan Sebagai Media Kritik Sosial (Pesan Simbolik Iklan Kretek Djarum 76 Seri Jin). Jurnal The Messenger, VIII (1), 57–67. https://journals.usm.ac.id/index.php/the-messenger/article/view/311/209

Hall, S. (1997). Representation (Cultural Representation and Signifying Practices). Sage Publications in Association with The Open University.

Hall, S. (2005). Encoding/decoding. Dalam H. Suart, D. Hobson, A. Lowe, & P. Wilis (Ed.), Culture, Media, Language (Working Papers, hlm. 117–127). Taylor & Francis e-Library.

Haryono, C. G. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi (D. E. Restiani, Ed.; Vol. 1). CV Jejak.

Komisi Penyiaran Indonesia. (2014, Maret 4). Edaran untuk Lembaga Penyiaran perihal Iklan Rokok. Komisi Penyiaran Indonesia. https://www.kpi.go.id/index.php/id/edaran-dan-sanksi/31912-edaran-untuk-lembaga-penyiaran-perihal-iklan-rokok?detail3=13712&detail5=13582

Narendra, A. N., Habsari, S. K., & Ardianto, D. T. (2019). Form of Standardization and Stereotyping Practices Through Message of Video Ads Buavita. Capture: Jurnal Seni Media Rekam, 10(2), 107–125. https://doi.org/10.33153/capture.v10i2.2243

Novitasari, L. (2024). Studi Komparasi Desain Kemasan Lama Vitacimin dengan Desain Kemasan Terbaru Versi Tahun 2016 Varian Fresh Lemon. Jurnal Desain, 11(2), 385–396. https://doi.org/10.30998/jd.v11i2.17907

Putra, Y. R., Meiriki, A., & Ersyad, F. A. (2019). Penggunaan Unsur-Unsur Seni Pertunjukkan Kethoprak Dalam Iklan TVC Djarum 76 Seri Jin Sebagai Strategi Branding Produk. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 21(2), 138–151. https://doi.org/10.26623/jdsb.v21i2.1726

Sensasi76. (2023, Juli 24). Djarum 76 Mangga 15". Sensasi76. https://www.youtube.com/watch?v=_CnarivwjdI

Sunaryanto, S., & Rizal, S. (2024). Representasi Mitos dan Ideologi dalam Meme Visualisasi Cadar di Internet: Perspektif Semiotika. Jurnal Desain, 11(2), 335–354. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jd.v11i2.17671

Susanto, E. (2023, Juli 31). Djarum 76 Mangga: Cita Rasa untuk yang Berjiwa Muda - Komunitas Kretek. Komunitas Kretek. https://komunitaskretek.or.id/ragam/2023/07/djarum-76-mangga-cita-rasa-untuk-yang-berjiwa-muda/

Varlina, V., & Maulini, C. (2024). Analisis Representasi dan Budaya Visual Logo Haus! Terhadap Brand Attractiveness di Kalangan Anak Muda. GESTALT (Jurnal Desain Komunikasi Visual), 6(1), 33–50. https://doi.org/10.33005/gestalt.v6i1.188




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v12i3.28989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Yoga Rarasto Putra, Lyscha Novitasari, Firdaus Azwar Ersyad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.