Desain learning kit tipografi modular sebagai media pengenalan huruf untuk siswa SD

Nugrah Juniar Umar(1*), Fanny Zatalini Hamid(2), Najmawati Sulaiman(3), Elok Faiqoh(4)

(1) Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Makassar
(2) Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Makassar
(3) Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Makassar
(4) Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract


Kesulitan membaca masih terjadi pada siswa yang sudah berada di jenjang sekolah dasar yakni pada beberapa siswa kelas 2 SDN Kumala. Hal ini disebabkan karena kemampuan siswa yang masih minim dalam mengenal huruf. Permasalahan yang ditemukan juga terdapat pada media pembelajaran siswa yang monoton dan tidak menarik sehingga kurang meningkatkan minat belajar siswa dalam memahami bentuk huruf. Desain Learning Kit Tipografi Modular ini dibuat dengan tujuan untuk digunakan sebagai media alternatif dalam upaya meningkatkan minat dan pemahaman siswa dalam belajar mengenal huruf. Learning Kit Tipografi Modular ini terdiri dari beberapa media pembelajaran yaitu, Pasel, Play Card, Lembaran Tata Cara Bermain dan Playbook. Melalui metode desain thinking diperoleh hasil dari penggunaan desain Learning Kit Tipografi Modular yang diujikan pada siswa kelas 2 SDN Kumala sebagai media pengenalan huruf yakni media berfungsi dengan baik dalam menstimulus minat belajar serta siswa meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami huruf.

Keywords


Huruf; Learning Kit; Tipografi Modular

Full Text:

PDF

References


Amalia, L. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad melalui Media Pin Activity pada Kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Krembung, Sidoarjo [Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang]. http://etheses.uin-malang.ac.id/23624/1/15160010.pdf

Nurhakiki, A., Is, B., Abdullah., & Munthe, M. Z. (2024). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Assiddiqi Aek Hitetoras. Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains, 8(1). https://doi.org/10.58822/tbq.v8i1.189

A Aryani, D., Akhirianto, P. M., Husnah, F., & Setiawati, P. (2021). Implementasi Metode Design Thinking Pada Desain User Interface (UI) Dan User Experience (UX) Website Education Marketplace. Jurnal Ilmu Komputer, 6(2), 75-82.

Astuti, A. W., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 73–81.

Hanifah, C. E., & Rustinar, E. (2022). Media Kartu Huruf dalam Pengenalan Huruf Abjad Siswa Kelas 1 SD Muhammadiyah 01, Bengkulu. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(11), 1537–1543.

Kristanto, A., & Ratri, A. K. (2022). Analisis Membaca Permulaan Kelas 1 Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar di SD Negeri 2 Podorejo. Sultra Educational Journal, 2(2), 127–134. https://doi.org/10.54297/seduj.v2i2.284

Kurnia, S. Y., & Apriliya, S. (2022). Pengembangan Media Kartu Huruf dalam Pembelajaran Membaca Permulaan. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 317–326. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v9i2.53160

Madanih, R., Susandi, M., & Zhafira, A. (2019). Penerapan Design Thinking Pada Usaha Pengembangan Budi Daya Ikan Lele di Desa Pabuaran, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. BASKARA : Journal of Business and Entrepreneurship, 2(1), 55–64. https://doi.org/10.54268/baskara.v2i1.6199

Mulyaningsih, E., & Palangngan, S. T. (2021). Pengaruh permainan puzzle terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia dini. AL-GURFAH: Journal of Primary Education, 2(2), 45-55.

Pahlevy, T., & Mardiana, C. (2021). Pengembangan Desain Mainan Kayu Edukasi untuk Anak Prasekolah Bertemakan Fauna Endemik Kalimantan. Jurnal Desain, 9(1), 92. https://doi.org/10.30998/jd.v9i1.10515

Pratiwi, C. P. (2020). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 1. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.558

Sudartiningtyas. (2020). Penggunaan Metode Fernald Untuk Meningkatkan Prestasi Membaca Braille Bagi Siswa Tunanetra Kelas II Di SLB-A TPA Jember Semester II Tahun Ajaran 2016/2017. SPEED Journal : Journal of Special Education, 4(1), 12–16. https://doi.org/10.31537/speed.v4i1.316

Suhana, R. A., Mulyadi, S., & Rahman, T. (2024). Pemanfaatan Media Kartu Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Huruf Anak Usia Dini. Journal on Education, 07(01), 4447–4452.

Udju, A. A. H., Hawali, R. F., Amseke, V., Radja, P. L., & Lobo, R. (2022). Penggunaan Media Gambar dan Kartu Huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6723–6731. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2532

Waluyohadi, & Agnieszka Lopatka. (2022). 90 Days to Achieve Monetization: Implementing Design Thinking in a YouTube Channel. Procedia Computer Science, 207, 4207–4216. https://doi.org/10.1016/j.procs.2022.09.484

Zaini, A. (2019). Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 118. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v12i3.27533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nugrah Juniar Umar, Fanny Zatalini Hamid, Najmawati Sulaiman, Elok Faiqoh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.