Tradisi sasi sebagai inspirasi board game edukasi pencegahan eksploitasi lingkungan
(1) Universitas Kristen Satya Wacana
(2) Universitas Kristen Satya Wacana
(3) Universitas Kristen Satya Wacana
(*) Corresponding Author
Abstract
Eksploitasi lingkungan dapat terjadi karena dipengaruhi oleh kurangnya pemahaman dan kesadaran diri masyarakat terhadap peduli lingkungan. Berdasarkan permasalahan ini, tradisi sasi sebagai salah satu hukum adat dari Maluku diterapkan untuk melarang pengambilan sumber daya alam secara sembarangan sebelum waktunya, sehingga ia termasuk dalam bentuk tindakan konservasi. Tradisi sasi memiliki nilai karakter yang berguna dalam menumbuhkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan. Perlu adanya perhatian khusus dalam mensosialisasikan nilai-nilai karakter dari tradisi sasi sejak dini, terutama kepada anak-anak melalui pendidikan di sekolah. Penyampaian informasi kepada anak harus dalam bentuk media yang sederhana, menarik, dan interaktif, serta sesuai dengan karakteristik usia anak. Board Game merupakan salah satu bentuk media pendukung yang bisa menyampaikan informasi dengan baik. Metode penelitian yang dipergunakan adalah mixed method dengan model sequential exploratory yang dikombinasikan dengan linear strategy sebagai strategi penelitiannya. Concepting phase, design phase, dan development phase adalah alur tahapan perancangan yang digunakan untuk merancang elemen-elemen dalam board game. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak dari siswa kelas 5 sekolah dasar yang telah diuji menjadi paham akan pentingnya menumbuhkan kesadaran diri untuk peduli lingkungan serta mulai mengenal kearifan lokal tradisi sasi melalui board game ini.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Anisa, Z. A. N., & Surtikanti, H. K. (2024). Kearifan lokal sasi ikan lompa masyarakat desa haruku dalam menjaga kelestarian ekosistem laut: studi literatur. Social, Ecology, Economy for Sustainable Development Goals Journal, 1(2). https://doi.org/10.61511/seesdgj.v1i2.2024.379
Christian, A. J., Gogor Bangsa, P., & Christianna, A. (2017). Perancangan Media Board Game untuk Meningkatkan Kepedulian Anak-Anak Terhadap Kondisi Laut Indonesia. Skripsi Sarjana, Universitas Kristen Petra.
Djiwandono, S. E. W. (2002). Psikologi Pendidikan. Grasindo
Duke, R. D. (1980). A Paradigm for Game Design. Simulation & Games, 11(3), 364-377. https://doi.org/10.1177/104687818001100308
Edyta, M. E., & Aditia, P. (2017). Perancangan Board Game sebagai Media Edukasi Pola Hidup Sehat pada Anak. eProceedings of Art & Design, 4(3). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/5101
Ilyasa, F., Zid, M., & Miarsyah, M. (2020). Pengaruh Eksploitasi Sumber Daya Alam Perairan Terhadap Kemiskinan pada Masyarakat Nelayan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan, 21(01), 43–58. https://doi.org/10.21009/plpb.211.05
KKP WEB. (2022). KKP Amankan Pelaku Pengeboman Ikan di Banggai Laut Sulteng. Kementerian Kelautan dan Perikanan. 9 November 2022. https://kkp.go.id/news/news-detail/kkp-amankan-pelaku-pengeboman-ikan-di-banggai-laut-sulteng65c1a731709c3.html
Kurniawan, R., Razaq, A. G., & Poerbaningtyas, E. (2021). Perancangan Board Game sebagai Media Penunjang untuk Meningkatkan Minat Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Penggalang Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Desain, 8(2), 132. https://doi.org/10.30998/jd.v8i2.8166
Mahyuddin, N., Yaswinda, Y., Sofya, R., & Putri, V. M. (2022, June). Innovation and Implementation of Boardgame Media to Develop Aspects of Early Childhood Development. In 6th International Conference of Early Childhood Education (ICECE-6 2021) (pp. 201-205). Atlantis Press. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icece-6-21/125975298
Untung, U. A. N. (2021). Perspektif Eksploitasi dan Konservasi dalam Pengelolaan Sumber Daya Perikanan Indonesia: Menjaga Kelestarian Daya Dukung Lingkungan Atas Eksploitasi Sumber Daya Ikan. Majalah Media Perencana, 2(1), 51-67. https://mediaperencana.perencanapembangunan.or.id/index.php/mmp/article/view/20
Picauly, B. C., Pietersz, J. J., Sedubun, V. J., & Saija, V. J. E. (2022). Peran Masyarakat Adat Dalam Mempertahankan Eksistensi Hukum Sasi. Batulis Civil Law Review, 3(2), 163-176. https://doi.org/10.47268/ballrev.v3i2.1076
Purnawibowo, S. (2014). Konservasi Berbasis Kearifan Lokal di Situs Benteng Puteri Hijau, Deli Serdang, Sumatera Utara. Jurnal Konservasi Cagar Budaya Borobudur, 8(2). https://borobudur.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkonservasicagarbudaya/article/view/130
Samori, D. E. A., Rahmansyah, A., & Deanda, T. R. (2023). Perancangan Konsep Visual Permainan Tradisional Oray-Orayan dalam Game Menambah Kosakata Bahasa Sunda untuk Anak Umur 9-11 Tahun. eProceedings of Art & Design, 10(2). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/20079
Sarwono, J & Lubis, H. (2007). Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Tangidy, A. M., & Setiawan, T. A. (2016). Toleransi Melalui Model Budaya Pela Gandong Menggunakan Media Board Game untuk Mahasiswa. Sabda: Jurnal Kajian Kebudayaan, 11(2), 16-25. https://doi.org/10.14710/sabda.11.2.16-25
Vindy, A., & Subroto, A. (2024). Efektivitas Hukum Adat Sasi Dalam Pelestarian Sumber Daya Alam Pada Masyarakat Ambon. Dialogia Iuridica, 15(2), 078–099. https://doi.org/10.28932/di.v15i2.8432
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v12i2.26104
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Resky Fredo Hetharion, T. Arie Setiawan Prasida, Jasson Prestiliano

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.