Desain layout untuk majalah sekolah digital di SMKN Jenawi Karanganyar

Meisya Dhevanka Puspaningrum(1*), Evelyne Henny Lukitasari(2), Yudi Wibowo(3)

(1) Universitas Sahid Surakarta
(2) Universitas Sahid Surakarta
(3) Universitas Sahid Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemajuan teknologi telah mewujudkan Standar Kompetensi Lulusan yaitu Profil Pelajar Pancasila yang merupakan perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai Pancasila. Namun, terlaksananya Profil Pelajar Pancasila ini mengalami hambatan karena literasi digital masih terbilang rendah. Majalah sekolah memiliki peran penting sebagai media informasi dan wadah kreativitas siswa di sekolah, ini sejalan dengan terwujudnya Profil Pelajar Pancasila. Namun, keberadaan majalah sekolah sering tidak mendapat perhatian sehingga terjadi hambatan. Desain Layout Majalah sekolah ini akan dilakukan bertujuan demi terlaksananya Profil Pelajar Pancasila dengan meningkatkan literasi digital. Dengan menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif dan metode perancangan yang terdiri dari observasi dan survei, ide, brief, brainstorming, creative brief, desain, dan evaluasi, konsep ini menyajikan data tentang desain layout untuk majalah sekolah digital di SMKN Jenawi Karanganyar. Hasil dari perancangan ini adalah majalah sekolah digital yang mudah diakses oleh siswa dan dibuat sesuai metodologi perancangan yang dapat meningkatkan literasi digital siswa serta mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.


Keywords


layout; majalah; digital; Pancasila

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aldin, Y., Yani, A. R., & Masnuna. (2022). Perancangan Buku Ilustrasi Tentang H.O.S. Tjokroaminoto Sebagai Teladan bagi Anak Indonesia. Journal of Computer Science and Visual Communication Design, 7(1), 80–89. https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v7i1.363

Anam, K. (2023). Paling Rendah di ASEAN, Tingkat Literasi Digital RI Cuma 62%. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230214171553-37-413790/paling-rendah-di-asean-tingkat-literasi-digital-ri-cuma-62

Beauty, A., & Erlyana, Y. (2022). Perancangan Buku “My Acne Journey” untuk Remaja dengan Teknik Ilustrasi Digital. Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain, 7(2), 143–162. https://e-journal.trisakti.ac.id/index.php/seni/article/view/12813/8664

Diyanti, K. R., Wendra, I. W., Asih, A., & Tantri, S. (2021). Relevansi Terhadap Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Bangli. 250–259. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/36175

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. 6(1), 1224–1238. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/3622

Kumparan. (2022). Layout: Pengertian, Elemen, dan Manfaat dalam Desain Grafis. https://kumparan.com/berita-terkini/layout-pengertian-elemen-dan-manfaat-dalam-desain-grafis-1zWIQU1iSc4/full

Lukitasari, E. H. (2021). Jurnal Pengabdian Teknologi Tepat Guna Pengabdian Penempatan Typografi Pada Majalah di SMK N Jenawi. 2(1), 35–44. https://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/TTG/article/view/718/553

Mahfud, M. (2022). Character Education Policy Through Pancasila Student Profiles In The Context Of Social Change : Literature Review Pelajar Pancasila Dalam Konteks Perubahan Sosial : Literature Review. 1–25. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IDEALITA/article/view/7076

Pragusma, Z. B. (2023). Rendahnya Literasi Digital Indonesia. Binus University. https://binus.ac.id/character-building/2023/02/rendahnya-literasi-digital-indonesia/

Rahmadanita, A. (2022). Rendahnya Literasi Remaja di Indonesia: Masalah dan Solusi. Jurnal Pustaka Ilmiah, 8(2), 55. https://doi.org/10.20961/jpi.v8i2.66437

Rahmawati, H. (2021). Perancangan Booklet Fotografi Landscape Wisata Alam Kabupaten Sukoharjo. Skripsi Sarjana, Universitas Sahid Surakarta. http://repository.usahidsolo.ac.id/948/

Rini, V. W. (2022). Perancangan Buku Digital Kurikulum Prodi DKV Usahid Surakarta [Universitas Sahid Surakarta]. http://repository.usahidsolo.ac.id/2391/

Rohman, A. (2022). Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Era Disrupsi. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 40. https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1318

Rosita, F. Y. (2021). Pelatihan jurnalistik pada redaktur majalah sekolah Serambi Al-Muayyad. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 32–40. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3434

Wijaya, G. A., Anwar, A. K., & Yulianto, A. (2023). Perancangan Digital Book Sejarah Kabupaten Boyolali. Jurnal Kemadha, 13(1), 80–98. https://doi.org/10.47942/ke.v13i1.1399




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v12i2.24021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Meisya Dhevanka Puspaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics