Identitas visual kopi Robusta Lampung Barat
(1) Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
(2) Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
(3) Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Era digitalisasi saat sekarang ini menjadikan logo kombinasi atau logo gabungan huruf dan gambar sebagai “tren” dari identitas visual suatu brand. Tren ini karena dari kriteria suatu identitas visual, logo kombinasi memenuhi semua kriteria efektif suatu logo seperti kesederhanaan, keunikan dari segi visual, mudah diingat (memorable), adaptif atau serba guna dan tahan lama. Kondisi brand Kopi Robusta Lampung Barat yang belum memiliki logo tentu akan menyebabkan sulitnya persaingan dengan kompetitor. Hal ini karena logo merupakan wajah visual yang pertama sekali dikenali oleh target audience. Pemilihan logo berjenis kombinasi pada perancangan ini karena sifatnya yang sederhana serta mampu memvisualisasikan narasi yang dibangun oleh brand Kopi Robusta Lampung Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dimana tahapan yang dilakukan dimulai dari observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data verbal dan data visual. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode 5W+1H untuk memperoleh klasifikasi target audience, strategi kreatif dan konsep desain. Pada tahapan konsep desain metode kreatif yang digunakan yaitu morfologi. Metode kreatif ini merupakan merupakan pengelompokkan kata menjadi kategori dalam visualisasi sesuai gagasan yang diangkat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
de Riandra, C. N., & Islam, M. A. (2021). Perancangan identitas visual catering & bakery Cherry. Jurnal Barik, 2(2), 43–56. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Djokja, F. (2021). Perancangan brand identity keripik wahyu Luwuk Banggai. (Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Makasar).
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Gugat, T. D., & Amri, A. (2023). Analisis sayembara logo BNI life 24 tahun sebagai dasar putusan pemenang dengan metode skoring. Jurnal Desain, 10(2), 400-420. https://doi.org/10.30998/jd.v10i2.15987
Hananto, B. A. (2019). Perancangan logo dan identitas visual untuk kota Bogor. Titik Imaji, 2(1), 19–32. http://journal.ubm.ac.id/index.php/titik-imaji/
Handes, H. (2019). Creative planning dan strategi pengembangan pesan komunikasi pemasaran. Al-Hikmah, 13(1), 1. https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v13i1.1297
Hartanto, M., Banindro, B. S., & Yulianto, Y. H. (2020). Perancangan visual branding kue kering golden cookies di Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna, 1(16), 1-9.
Husodo, W. C. (2011). Proses produksi iklan indoor dan outdoor pada Rocky Advertising Surakarta. (Tugas Akhir Diploma, Universitas Sebelas Maret). https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/19551/NDU5MzQ=/Proses-Produksi-Iklan-Indoor-dan-Outdoor-pada-Rocky-Advertising-Surakarta-waskito-condro-h.pdf
Kadafi, M. R., Moussadecq, A., & Justin, M. R. (2022). Perancangan e-tourism sebagai upaya promosi desa Jati Indah Lampung Selatan. Ikonik : Jurnal Seni Dan Desain, 4(1), 48. https://doi.org/10.51804/ijsd.v4i1.1603
Moussadecq, A., Darmawan, A., Justin, M. R., Rohiman, R., & Muryasari, D. (2022). Pelatihan visual branding dan corel draw bagi pelaku UMKM di kecamatan Gedong Tataan. Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, 4(02), 125–132. https://doi.org/10.30873/jppm.v4i02.3321
Moussadecq, A., Darmawan, A., & Pratama, Y. A. (2022). The design of visual identity and corporate identity Faraz Cashews in Padang. Imagionary, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.51353/jim.v1i1.673
Prastika, A. F., Nugraha, N. D., & Apsari, D. (2021). Perancangan identitas visual untuk startup Sedyain. E-Proceding of Art & Design, 8(6), 2773. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/16791.
Pujiyanto, P., Hidajat, R., Aini, N., Anggriani, S. D., & Shaari, N. (2020). Kreativitas merancang logo batik melayu “Asimilasi Indolaysia” melalui penggabungan budaya dua negara. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6(02), 263–276. https://doi.org/10.33633/andharupa.v6i02.3634
Rahmasari, A. F., Mulyana, A. R., & Isnaini, W. (2022). Perancangan brand identity Eve Edible Flower. 1–13. https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/article/view/1149
Safitri, N. A., Sarjono, S., & Hermanto, Y. A. L. (2022). Perancangan visual identity sebagai upaya mengenalkan eksistensi bliss Yoga Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(3), 300–316. https://doi.org/10.17977/um064v2i32022p300-316
Safitri, S. N., & Aryanto, H. (2023). Perancangan corporate identity PT Agfinda Surabaya. Jurnal Desgrafia, 1(2), 100–112. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/desgrafia/article/view/55333
Said, A. A. (2019). Mendesign logo. Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain, 6(3), 159–168. http://dx.doi.org/10.26858/tanra.v6i3.13014
Sayatman, S., Soewito, B. M., & Noordyanto, N. (2021). Pengembangan konsep brand identity dan visual system ITS yang lebih terintegrasi. Jurnal Desain Idea: Jurnal Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 20(1), 10-15.
Suryanto, T. L. M., Wibowo, N. C., & Masnuna, M. (2021). Desain logo sebagai identitas visual aplikasi Jelajah Kampus Virtual (Jejakatua) UPN Veteran Jawa Timur. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(2), 240–255. https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i2.3838
Wahyudi, T., & Setiawan, K. (2017). Perbandingan metode kreatif: mind mapping, morfologi dan moodboard. VISUAL, 13(1). https://doi.org/10.24912/jurnal.v13i1.8017
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v12i1.21200
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ade Moussadecq, Dika Tondo Widakdo, Muhammad Redintan Justin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.